Menbudpar Tak Rela Taman Komodo Dicoret

Ancam Tuntut Yayasan N7W

Senin, 07 Februari 2011 – 20:49 WIB

JAKARTA -- Kementerian Budaya dan Pariwisata (Kemenbudpar) menegaskan pemerintah Indonesia akan menuntut yayasan New7Wonders (N7W) apabila mengeliminasi Taman Nasional Komodo (TNK) sebagai Finalis N7W Nature.

"Pemerintah Indonesia menilai N7W bertindak terlalu jauh dan tidak masuk akal, dengan mengaitkan status TNK sebagai finalis N7W dengan tawaran menjadi tuan rumah untuk acara pengumuman pemenangKarena untuk menjadi tuan rumah pemerintah harus membayar pembayaran License Fee sebesar USD 10 juta,” kata Menbudpar Jero Wacik kepada wartawan di Gedung Kemenbudpar, Jakarta, Senin (7/1).

Pemerintah RI sendiri, lewat Kemenbudpar enggan membayarkan uang senilai USD 10 juta, yang diminta pihak N7W, sebagai uang izin menjadi tuan rumah

BACA JUGA: KNKT Belum Periksa Nahkoda KM Laut Teduh

Ditambahkan, pemerintah menganggap pemilihan finalis New7Wonders seharusnya didasarkan atas aspek keunikan dan besarnya dukungan msyarakat dunia, bukan atas persyaratan pembayaran uang jasa sebagai tuan rumah.

Menbudpar juga menegaskan, pemerintah Indonesia telah memenuhi seluruh persyaratan penominasian, yakni dengan memberikan dukungan resmi pada tiga nominasi dari Indonesia yakni Taman Nasional komodo, Danau Toba, dan Anak Gunung Krakatau pada Agustus 2008 silam.

“Pemerintah Indonesia tidak pernah membuat perjanjian dengan pihak penyelenggara N7W maupun pihak lain, di luar kesepakatan yang telah tercantum dalam standart participation agrement,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Jero Wacik lagi, pemerintah Indonesia akan terus berkomitmen mempromosikan TNK sebagai warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1991 dan perlu dilindungi dan dijaga kelestarianya
“Keikutsertaan TNK dalam N7W tersebut dilakukan untuk lebih mempopulerkan pengakuan TNK sebagai situs warisan dunia," tandasnya

BACA JUGA: Pelaku Kekerasan Bukan Pengikut Nabi Muhammad

BACA JUGA: Polisi Minta Waktu Kejar Pelaku

(kyd/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wakapolri Pimpin Langsung Tim Khusus ke Cikeusik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler