Menkeu Terima Usulan Bebas Bea Masuk Pangan

Selasa, 11 Januari 2011 – 13:02 WIB
JAKARTA - Sebagai antisipasi terhadap kerawanan pangan dan stabilisasi harga, pemerintah akan melakukan pembebasan bea masuk pangan pada beberapa komoditi tertentuSaat ini, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mulai menerima usulan beberapa komoditi dari berbagai kementerian terkait, agar dibebaskan dari pajak bea masuk.

"Yang sudah pasti itu, usulan untuk beras sudah masuk ke Kemenkeu

BACA JUGA: Menteri ESDM Tegur PLN soal Capping Listrik Industri

Komoditi lain masih dalam proses
Kita masih akan menunggu permintaan dari kementerian terkait yang ingin mengusulkan bebas bea masuk," kata Menkeu Agus Martowardojo kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (11/1).

Nantinya kata Agus, setiap usulan yang masuk dari kementerian terkait, akan dilakukan pembahasan kembali oleh Kemenkeu

BACA JUGA: Bandara Ngurah Rai Dipugar Total

Bebas bea masuk sendiri akan diberikan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK)
"Bentuknya dalam PMK

BACA JUGA: Jembatan Selat Sunda Tinggal Tunggu Perpres

Tapi pengurangannya berapa, belum kita putuskan," kata Agus.

Rencana pembebasan bea masuk merupakan salah satu langkah pemerintah dalam menghadapi ketidakpastian musim di tahun 2011Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, sebelumnya mengatakan bahwa beberapa komoditi telah dipilih untuk dikurangi, bahkan dihapuskan bea masuknya.

"Kami akan bebaskan bea masuk impor tepung terigu, kedelai dan pakan ternakIni untuk kebijakan fiskal di bidang perdaganganKita harus all out untuk stabilisasi pangan pokok kita," kata Hatta.

Sesuai jadwal, mulai Senin (10/1) kemarin, Kemenkeu telah mulai menerima usulan komoditi-komoditi apa saja yang akan dibebaskan bea masuk tersebutNantinya, pada Rabu (12/1), diharapkan PMK mengenai bebas bea masuk untuk jenis komoditi sudah bisa dikeluarkan secara resmi oleh Menkeu.

"Tapi, khusus untuk gula, kita masih belum usulkan bebas bea impornyaKita masih menginginkan petani gula kita terus meningkatkan produksinya," tegas Hatta(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bali Segera Miliki Jalan Tol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler