Menkokesra Jengkel Karo Belum Punya BPBD

Selasa, 26 November 2013 – 22:02 WIB

jpnn.com - JAKARTA -- Menkokesra Agung Laksono menyesalkan belum adanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kabupaten Karo. Padahal status Gunung Sinabung di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumut semakin meningkat selama beberapa bulan terakhir.

Keluhan ini sudah ia sampaikan sejak September lalu. Namun hingga saat ini belum terbentuk juga lembaga tersebut.

BACA JUGA: Ancam Hentikan Aktivitas Investor Australia

"Kita tegur, tidak ada ada BPBD. Ditegur supaya dipaksakan ada BPBD agar ada pertanggungjawaban, operasional di lapangan, atau administrasi keuangan," ujar Agung usai rapat dengan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa, (26/11).

Dikatakan, Karo adalah kabupaten yang berada di lingkar ring of fire. Seharusnya, lanjut Agung, pemerintah daerah sigap membentuk BPBD yang dapat mengorganisir jika terjadi bencana. Terutama bencana gunung berapi. Sejauh ini, pendanaan bencana terpaksa dikelola oleh bupati dan Kodim setempat.

BACA JUGA: Satpol PP Belum Tahu, Tidak Bisa Bertindak

"Sekarang untung ada Kodim, dia yang menangani. Kita juga kecewa dengan cara-cara seperti itu kok kurang dipahami pentingnya BPBD, jadi tidak hanya menangani fisik tapi juga administrasinya," tegas Agung.

Sesuai aturan, jelas Agung, harusnya pemerintah tidak bisa mengalirkan dana penanganan bencana karena belum ada BPBD. Namun, karena bencana Sinabung ini masih terus terjadi, pemerintah memutuskan dana dikelola oleh pemda sementara waktu. Agung menyatakan sudah meminta Mendagri Gamawan Fauzi untuk mengevaluasi kerja Pemda Karo yang lamban membentuk BPBD.

BACA JUGA: Layanan Full Rp 250 Ribu, Threesome Tambah Rp 150 Ribu

"Sebetulnya kalau BPBD tidak ada, tidak boleh dialirkan uang ke sana. Tapi kalau itu terjadi masyarakat yang jadi korban dong. Jadi terpaksa kami harus ada diskresi untuk bisa jalankan tanpa ada BPBD tapi ada yang bertanggung jawab. Jadi bupatinya langsung dan juga pelaksana oleh komandan Kodim," tandas Agung. (flo/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Panti Pijat Kian Menjamur di Sekitar Terminal Bungurasih


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler