Menkopolkam : Indonesia Kondusif

Senin, 20 April 2009 – 17:08 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Usai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polkam) Laksamana (Purn) Widodo AS, menegaskan bahwa kondisi keamanan tanah air pasca pemilu legislatif kondusifSedikit gangguan yang terjadi di Papua hanya dianggap insiden kecil yang tak terkait pemilu.

“Kami tadi rapat mingguan biasa, kami melaporkan kepada presiden masalah polkam

BACA JUGA: Menhut Revisi RTRWP Kalsel

Dari hal yang dilaporkan, secara umum kondisi keamanan di Tanah Air kondusif, kecuali di Papua yang sedikit ada gangguan, tapi itu tidak terkait dengan kompetisi parpol dalam pemilu,” tegas Widodo kepada pers di kantor Presiden, Senin (20/4).

Persoalan lainnya yang menjadi sorotan, kata Widodo, persoalan tabulasi nasional

“Penghitungan suara sampai sekarang ini juga kami ikuti

BACA JUGA: Alokasi Dana Sanitasi Minim

Ini menjadi penting, karenanya pemerintah menugasi Mendagri (Mardiyanto) agar melakukan komunikasi dengan KPU tentang perkembangan suara, terutama terpenting itu mengenai timeline yang dirumuskan dalam perhitungan suara ini dapat ditepati,” papar Widodo, didampingi Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri dan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso.

Menurut dia, bila ada kendala dihadapi KPU, melalui Mendagri pemerintah bisa memberikan bantuan

“Tapi masalah pelanggaran pemilu, baik administratif maupun pidana, ada centra penegakan hukum terpadu Bawaslu, Polri, Kejaksaan, yang kita minta dipacu untuk penyelesaiannya

BACA JUGA: Laporan Keuangan Pemerintah Amburadul

Kita ikuti comment bagaimana Polri merespon, soal report dari Bawaslu saya kira Polri bekerja secara profesional, netral dalam pemilu iniTerpenting, bagaimana dikelola kalau memang terkait pelanggaranBiarkan centra terpadu bekerja untuk proses hukum,” tegasnya.

Contoh kongkrit pemerintah bantu KPU seperti apa? “Mendagri hari ini telah melakukan komunikasi dengan KPU, kita harapkan bila ada kendala yang dihadapi KPU bisa dibantu oleh pemerintahNah, komunikasi itu penting untuk mengetahui bila ada persoalanItu yang menjadi komitmen pemerintah untuk membantu,” tukasnya.

Menurut Widodo, sebagai bangsa yang besar, semua pihak harus optimistis atas kinerja KPU“Kita mesti optimis ya.., optimisme yang dilandasi realitasKalau ada kendala, ya mari kita pecahkan kendala itu,” beber dia.

Bagaimana dengan kondisi keamanan terakhir di Papua? “Saya kira Papua sejauh ini terkendaliSudah dilaporkan oleh Polri, terkait (insiden) Polsek Abipura, dari tujuh orang yang diminta keterangan, dua diantaranya ditetapkan sebagai tersangka,” pungkasnya.(gus/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPR Setuju Pengesahan Perppu Pemilu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler