Mensos Risma Sambut Baik Kesepahaman Lindungi Anak dari Kekerasan

Selasa, 08 Agustus 2023 – 17:36 WIB
Menteri Sosial Tri Risma Tri Rismaharini menyambut baik nota kesepahaman MoU delapan kementerian dan Lembaga. Foto: dok Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini menyambut baik nota kesepahaman MoU delapan kementerian dan Lembaga dalam upaya perlindungan dan penangan kekerasan terhadap anak.

Sebanyak delapan pimpinan kementerian/lembaga menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan pada Satuan Pendidikan (PPKSP).

BACA JUGA: Kemensos Pastikan Logistik Puluhan Ton Diterima Masyarakat Terdampak di Papua Tengah

Dia berharap dengan sinergitas stakeholder yang ada bisa segera diwujudkan lingkungan belajar yang inklusif, berkebinekaan dan aman bagi semua.

“Ini adalah kesepakatan yang saya tunggu. Sejak saya jadi menteri, saya selalu menerima kasus (kekerasan anak). Dari laporan yang kami terima, kejadian dilakukan saat libur, saat sekolah sepi,” katanya di Jakarta, Jumat (4/8).

BACA JUGA: Tiba di Timika, Bantuan Kemensos Siap Diterbangkan ke 2 Distrik Terdampak Kekeringan

Maraknya kekerasan terhadap anak, membutuhkan penanganan bersama.

Kompleksitas dan luasnya tantangan yang harus dihadapi, dibutuhkan sinergitas lebih luas. Oleh karena itu, kata Mensos Risma, setelah penandatanganan nota kesepahaman, masih diperlukan kerja sama yang lebih luas lagi.

BACA JUGA: Pastikan Bansos Tepat Sasaran, Kemensos dan Satgasus Polri Menyisir 202 Desa di Wonosobo

“Kesepakatan ini sangat baik. Tapi kami masih membutuhkan bantuan dari masyarakat. Saya yakin jika bersama-sama, anak-anak kita akan berada di tempat yang nyaman dan aman,” katanya.

Kepada khalayak luas Mensos mengungkapkan kiat, untuk mencipakan lingkungan yang aman bagi anak.

Mensos meminta semua pihak untuk menganggap anak orang lain sebagai anak sendiri, begitu juga sebaliknya.

Dengan demikian, akan tumbuh keinginan untuk menjaga anak.

“Anak-anak kami pun akan selalu terjaga dan tetap aman. Anak saya adalah anak kami semua. Anak orang lain adalah anak kami. Jika berpikir begitu, maka anak kita akan aman di mana pun mereka berada,” Mensos mengimbau.

Untuk mewujudkan lingkungan belajar yang infklusif, berkebinekaan dan aman untuk semua, Mensos turut tanda-tangani Nota Kesepahaman tentang PPKSP, di Graha Utama Lantai 3, Gedung Ki Hadjar Dewantara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada Jumat (4/8).

Selain Mensos, turut hadir Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Komisi Nasional Disabilitas Dante Rigmalia, Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro, Ketua KPAI Ai Maryati Solihah, serta Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pribudiarta Nur Sitepu. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BPK Apresiasi Upaya Kemensos Kelola Laporan Keuangan Hingga Meraih Predikat WTP


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler