Menteri Yuddy Pastikan Jumlah Pemda Berkinerja Baik Tahun Ini Meningkat

Jumat, 30 Oktober 2015 – 02:30 WIB
Yuddy Chrisnandi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) melalui pendampingan secara intensif yang terus dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), mulai membuahkan hasil. 

Menurut MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi, hasil evaluasi tahun 2014, menunjukan rata-rata nilai akuntabilitas kinerja terhadap 83 Kementerian/Lembaga sebesar 64,69 berkategori baik, 34 pemerintah provinsi 59,21 berkategori cukup dan 505 pemerintah kab/kota 44,92 berkategori kurang. Sedangkan untuk 2015, proses evaluasi masih berlangsung. 

BACA JUGA: Gerindra: RAPBN 2016 Untuk Siapa?

"Penilaian untuk tahun 2015 masih berjalan. Namun, berdasarkan perkembangan dari awal tahun 2015, dapat diproyeksikan akan terjadi kenaikan nilai rata-rata akuntabilitas kinerja, khususnya di pemerintah daerah baik Provinsi maupun Kab/Kota," ungkap Yuddy di Jakarta, Kamis (29/10).

Adapun proyeksi perkiraan kenaikan nilai rata-rata tersebut menjadi: Kementerian/Lembaga 67, Pemerintah Provinsi 63 dan Pemerintah Kabupaten/Kota 51. Proyeksi tersebut diperoleh berdasarkan hasil pra evaluasi yang dilakukan terhadap beberapa K/L/P yang di tahun 2015 ini pimpinan K/L/P menunjukkan komitmen yang tinggi untuk memperbaiki kinerjanya. 

BACA JUGA: PDIP Setuju PMN 2016 Direalokasi Untuk Rakyat

"Secara faktual angka-angka ini menunjukkan kemampuan instansi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan hasil penggunaan anggaran kepada masyarakat secara efektif dan efisien," terangnya. (esy/jpnn)

BACA JUGA: SETARA Intitute Dukung Surat Edaran Kapolri

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Bikin Publik Happy, tapi Undang-Undangnya Tetap Perlu Direvisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler