Meresmikan RSUD Tigaraksa, Bang Zaki Disambut Meriah Warga Tangerang

Selasa, 19 Desember 2023 – 13:24 WIB
Ahmed Zaki Iskandar, bupati Tangerang periode 2013-2023 yang diundang khusus saat peresmian RSUD Tigaraksa. Foto Humas Pemkab Tangerang

jpnn.com, TANGERANG - Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tigaraksa, Kabupaten Tangerang tuntas.

Rumah sakit kebanggaan warga Kabupaten Tangerang itu pun sudah beroperasi sejak Senin (18/12). 

BACA JUGA: RSUD Tangerang Sukses Operasi Jantung Perdana, Bang Zaki: Bisa jadi Medical Tourism

Ahmed Zaki Iskandar, bupati Tangerang periode 2013-2023 yang diundang khusus dalam kesempatan tersebut mengucapkan rasa syukur mengingat kehadiran RSUD Tigaraksa tersebut telah lama dinantikan.

Dengan kehadiran rumah sakit baru itu kini Kabupaten Tangerang memiliki 4 RSUD, yakni RSUD Tangerang, RSUD Pakuhaji, RSUD Balaraja, dan RSUD Tigaraksa.

BACA JUGA: Bang Zaki Sebut Olahraga jadi Solusi Atasi Tawuran

"Alhamdulillah, bisa bersilaturahmi dalam rangka peresmian RSUD Tigaraksa yang dinantikan bersama," ungkap Bang Zaki, sapaan akrabnya, Selasa (19/12). 

Kehadiran Bang Zaki dalam peresmian itu mendapat sambutan hangat dari masyarakat hingga berebut bersalaman dengannya. 

BACA JUGA: Siap Maju Pilkada DKI, Bang Zaki Punya Resep Jitu Atasi Sampah

Setiap namanya disebut tepuk tangan meriah selalu terdengar, hal ini dapat dimaklumi karena RSUD Tigaraksa ini digagas pembangunannya ketika Bang Zaki menjabat. 

Dia menyampaikan sejarah awal mula RSUD Tigaraksa. Dimulai dibangun pada Oktober 2022, rumah sakit ini diharapkan memenuhi keinginan masyarakat akan tingginya kebutuhan fasilitas kesehatan di Kecamatan Tigaraksa dan sekitarnya, yaitu Kecamatan tersebut antara lain Solear, Cisoka, Cikupa, Panongan, Curug, Jambe, dan Legok.

"Ini merupakan RPJMD Tangerang 2018-2023 di mana kebutuhan terhadap fasilitas kesehatan, khususnya di wilayah Kecamatan Tigaraksa dan 7 kecamatan lain di sekitar Tigaraksa memang sangat tinggi," terangnya.

Sementara itu, Pejabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony turut menyampaikan terima kasih atas jasa Bang Zaki yang telah berinisiatif melakukan pembangunan di sektor kesehatan.

Ini merupakan sebuah kehormatan dapat melanjutkan tonggak estafet pembangunan layanan kesehatan di Kabupaten Tangerang.

"Ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Zaki. Beliau adalah tokoh masyarakat sekaligus bupati dua periode. Tanpa inovasi beserta jajaran, tidak mungkin dengan jumlah penduduk 3,4 juta dan 29 kecamatan memiliki 4 RSUD serta 44 puskesmas. Luar biasa," serunya.

Dirinya turut mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh pihak yang berkontribusi dalam peningkatan layanan kesehatan.

Dia berharap dengan sisa waktu yang ada, RSUD Tigaraksa bisa naik kelas ke tipe B.

Diketahui, RSUD Tigaraksa merupakan rumah sakit tipe C yang memiliki 117 tempat tidur rawat inap. Di antaranya 76 tempat tidur kelas tiga, 12 tempat tidur kelas satu, 6 tempat tidur VIP, 2 tempat tidur VVIP, 16 tempat tidur insentif (ICU, ICCU, HCU, PICCU, NICU), kemudian 2 ruang perinatology dan 3 ruang perawatan ibu dan anak.

Selain itu, rumah sakit ini juga didukung 21 tempat tidur layanan Institusi Gawat Darurat (IGD) dan 78 orang tenaga kesehatan serta akan terus bertambah.

RSUD ini melayani penyakit dalam, kebidanan dan penyakit kandungan, bedah, orthopedi, urology, anestesi, kesehatan jiwa dan patologi klinik.

"Alhamdulillah bisa kita lihat bangunannya sangat luar biasa dan tentu saja fasilitas sarana prasarana pendukung dan penunjang layanan medisnya sangat luar biasa," tambah Bang Zaki yang sempat berkeliling bersama Pj Bupati. 

Pada kesempatan tersebut, Bang Zaki juga banyak mendapatkan ucapan terima kasih dari masyarakat yang hadir. Banyak orang mengaku rindu dengan sosok Bang Zaki yang baru saja usai menjabat pada 21 September 2023 lalu.

"Saya baru 3-4 bulan (selesai menjabat), masih banyak masyarakat yang nanyain ke saya soal layanan medis. Masih banyak masyarakat yang membutuhkan ruang intensif care unit," kata dia.

Selain itu, Bang Zaki juga mendapatkan surprise ucapan selamat ulang tahun dari masyarakat. Hal ini menjadi bukti bahwa Bang Zaki merupakan sosok yang dicintai warganya. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fokus di Jakarta, Bang Zaki: Sejumlah Pekerjaan Sudah Menunggu


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler