Modal Jelang All-Portuguese Final

Senin, 16 Mei 2011 – 19:19 WIB
LISBON - Sungguh luar biasa performa FC Porto musim ini di Primeira Liga PortugalKemenangan 2-0 (2-0) atas Maritimo pada pekan terakhir, membuat mereka mengakhiri musim tanpa terkalahkan

BACA JUGA: Heat-Bulls Adu Solid Pertahanan

Modal berharga jelang final Europa League, 18 Mei nanti.

Meski sudah mengunci juara sejak kompetisi masih tersisa tujuh laga, tapi sama sekali Porto tidak mengendurkan permainannya saat bertandang ke Estadio dos Barreiros
Mereka langsung menggebrak sejak awal laga dan unggul 2-0 di babak pertama.

Gol kemenangan Porto diceploskan Varela di menit ke-21 dan Walter pada menit ke-32

BACA JUGA: Rifat Rengkuh Runner-Up Pacific Cup

Porto pun mencatat 84 poin dari 27 kemenangan dan tiga kali seri
Mereka menjadi tim pertama yang melakukannya dalam 33 tahun terakhir di Liga Portugal.

Sebelumnya, klub yang mampu mencatat hasil fantastis dengan tidak terkalahkan sepanjang satu musim adalah Benfica ketika masih diperkuat Eusebio

BACA JUGA: Samarinda Ikut Dibidik Real Madrid

Sejatinya Benfica pernah mengakhiri musim tanpa kalah pada 1978 tapi gagal jadi juara.

"Apa yang kami capai sekarang sangat sulit dicapai dan kami bakal terus menyimpan kenangan ini selamanyaKami sangat bangga atas setiap usaha yang telah kami kerjakan," bilang Andres Villas Boas, pelatih Porto, kepada SportTV.

Nah, di kala Porto mendapatkan modal positif sebelum terbang ke Dublin, untuk bertarung di final Europa League, lawannya Sporting Braga justru kalah di pekan terakhirMereka takluk dari tamunya Sporting Lisbon 0-1 di laga kandang.

Setelah tuntas tugas di pentas domestik, sekarang saatnya Porto dan Braga fokus pada pertarungan all Portuguese finalBraga yang dalam dua bentrok musim ini selalu kalah dari Porto, harus mencari celah mengalahkan rivalnya itu.

Dalam dua bentrok musim ini, Porto unggul 3-2 di Estadio do Dragao pada 11 September tahun lalu dan menang lagi 0-2 tatkala bertandang ke Estadio Municipal de Braga pada 13 Februari laluTugas berat diemban pelatih Domingos Paciencia.

"Kami memulai musim ini dengan baik, kami mampu melewati lawan yang berat di semifinalSekarang waktunya kami mengerahkan semua daya upaya untuk merebut kemenanganSebelum laga berakhir, kedua tim punya kans sama," kata Paciencia.

Meski menyadari musim ini Porto tampil luar biasa dan punya prestasi hebat di Eropa, tapi Braga pantang menyerahMeski banyak yang menilai itu adalah laga David versus GoliathBandingkan saja, Porto adalah peraih 25 gelar Liga Portugal, 15 Piala Portugal, dua Liga Champions, dan satu Piala UEFA.

Musim ini, mereka juga mengakhiri kompetisi dengan keunggulan telak atas para pesaingnyaDengan Braga yang finis di peringkat keempat, Porto memiliki keunggulan angka yang teramat jauhMereka unggul 38 angka atas Braga(ham/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tabrakan, Pedrosa-Simoncelli Sama-sama Rugi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler