Monyet Tak Terlatih Tak Dapat Ganti Rugi

Rabu, 30 Oktober 2013 – 02:29 WIB

jpnn.com - WALIKOTA Jakarta Timur Krisdianto kemarin memimpin langsung operasi penertiban topeng monyet. Operasi berlangsung di RT 12/RW 06 Kelurahan Cipinang Besar Selatan (Cibesel), Kecamatan Jatinegara. Alhasil 31 ekor monyet beserta pemiliknya berhasil dijaring.

Kegiatan tersebut melibatkan unsur Sudin Peternakan dan Perikanan, Satpop PP dan Sudin Sosial Jakarta Timur. Para pemilik monyet digelandang Kantor Walikota Jakarta Timur untuk dibuatkan berita acara pemeriksaan (BAP). Selajutnya, 31 menyet langsung dikirim ke kantor Balai Kesehatan Hewan dan Ikan (BKHI) di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

BACA JUGA: Buruh Ancam Menginap di Balaikota

Sedangkan setelah di-BAP pengamennya dikirim ke Panti Sosial Ceger, Cipayung, untuk mendapatkan pembinaan keterampilan yang diadakan pihak Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. 

Sekitar dua jam saat dilakukan pendataan di kantor Walikota, datang tujuh Topeng Monyet beserta tujuh pengamennya menyerahkan diri. Mereka mengaku pasrah menyerahkan monyet lantaran adanya larangan Topeng Monyet di kota Jakarta, sehingga total monyet yang diamankan sebanyak 38 ekor. Terlebih Pemprov DKI akan memberikan uang kerohiman pada pengamennya Rp 1 juta dan untuk mengganti monyetnya Rp 1 juta. Sehingga mereka masing-masing mendapatkan Rp 2 juta.

BACA JUGA: Kepsek Pastikan Semua Pelaku Video Mesum Sudah Diberi Sanksi

Walikota Jakarta Timur, Krisdiyanto, mengatakan, akan terus melakukan razia Topeng Monyet hingga wilayahnya bersih. Hal ini dilakukan guna menyukseskan program Jakarta Bebas Topeng Monyet 2014. "Seluruh topeng monyet ini kita amankan," tegas Krisdiyanto saat memimpin jalannya razia topeng monyet tersebut.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Sudin Peternakan dan Perikana Jakarta Timur, Sabdo Kurnianto, mengatakan, razia melibatkan sekitar 40 personil gabungan dari Sudin Peternakan dan Perikanan, Satpol PP, Sudin Sosial, kelurahan dan kecamatan. Kawasan Cibesel menjadi sasaran razia karena sejak dulu dikenal sebagai sarang Topeng Monyet. Pihaknya berharap jumlah peredaran Topeng Monyet di wilayahnya terus berkurang dan lambat laun bersih.

BACA JUGA: KPAI Tegaskan Pelajar Pemeran Video Mesum Korban Bullying

"Kami mencatat sejak dilakukan razia pada pekan lalu hingga saat ini, jumlah Topeng Monyet yang diamankan seluruhnya mencapai 52 monyet," ungkapnya. Setidaknya 38 monyet diamankan dan selebihnya dari hasil razia yang dilakukan sebelumnya. Dia juga mengimbau pada pengamen topeng monyet ini untuk segera alih profesi, agar tidak terjaring razia petugas. (dni)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ortu Pemeran Video Mesum Tahu Kasus Anaknya dari Twitter


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler