Mustahil Nomor Satu di Tahun Baru

Minggu, 01 Desember 2013 – 21:51 WIB
Wayne Rooney saat menyelesaikan tugasnya untuk mengambil hadiah penalti bagi MU. FOTO: getty images

jpnn.com - LONDON - Target Manchester United untuk bertengger di peringkat satu saat tahun baru bisa jadi hanya cita-cita belaka. Alih-alih memetik tiga angka saat bertandang ke White Hart Lane Stadium, Setan Merah, julukan MU malah harus berbagi angka dengan Tottenham Hotspurs. Skor 2-2 di akhir pertandingan membuat mereka harus melorot ke urutan 8 klasemen Liga Premier Inggris. 

Untuk mendapatkan satu poin di kandang Spurs saja, MU harus bersusah payah. Setelah tertinggal 1-0, mereka baru bisa menyamakan kedudukan. Begitu juga sebelum skor 2-2, anak asuh David Moyes itu juga tertinggal lebih dulu. Menyamakan kedudukan pun hanya bisa mereka dapatkan dari titik penalti yang dieksekusi secara ciamik oleh Wayne Rooney di menit ke 56. 

BACA JUGA: Pellegrini Nilai Aguero Pemain Terbaik Ketiga Dunia

Adalah Kyle Walker yang kali pertama membuat suporter tuan rumah bersorak. Di menit ke-18, dia berhasil menceploskan bola ke gawang David De Gea melalui tendangan bebas cantik dengan bola menyusuri tanah. 

Tapi, keunggulan itu berubah di menit ke-32. Rooney bersahasil memanfaatkan kesalahan antisipasi yang dilakukan pemain belang The Lily Whites, julukan Tottenham. Dengan mudah Rooney mencetak gol ke gawang yang dijaga Hugo Lloris. Tentu saja para suporter tuan rumah terdiam. MU makin garang dan terus menguasi pertandingan. 

BACA JUGA: Berlusconi Pertahankan Adriano Galliani

Di babak kedua, Tottenham kembali unggul. Kali ini gol tercipta dari kaki Sandro di menit ke 53. De Gea yang dan para pemain belakang terhenyak dengan tendangan jarak jauh Sandro yang cantik. Tendangan melengkung ke sudut atas tiang jauh membuat De Gea hanya terdiam tanpa melakukan reflek apapun. 2-1.

Tapi tiga menit kemudian petaka bagi tuan rumah datang. Poin tiga angka yang sudah di depan mata hilang seketika saat kiper Lloris menjatuhkan Danny Welbeck di kotak terlarang. Rooney yang menjadi eksekutor dengan tenang menyelesaikan tugasnya. Kedudukan 2-2 pun berakhir hingga peluit akhir dibunyikan tanda pertandingan usai. 

BACA JUGA: Bale Hat-Trick, Ancelotti Malah Puji Di Maria

Bagi Tottenham, hasil imbang tersebut membuat mereka gagal comeback atas tim Manchester. Akhir pekan lalu, Tottenham dipermak Manchester City dengan skor enam gol tanpa balas.

Sementara bagi MU, hasil itu merupakan ulangan di pekan ke-12 akhir pekan lalu. Ketika itu, MU juga bermain imbang atas tuan rumah Cardiff City dengan skor identik.

Kebobolan dua gol juga menjadi bukti lemahnya pertahanan MU di laga away. Dalam sepuluh partai tandang terakhir di tahun berjalan 2013, MU sudah kemasukan 20 gol.

Laga itu menjadi sangat spesial bagi Rooney. Tambahan sepasang gol membuat striker berjuluk Wazza itu sangat akrab dengan Tottenham. Itu adalah gol kesepuluh Rooney ke gawang Tottenham, sekaligus yang kedelapan dalam tujuh laga terakhir. Rooney kini membukukan 149 gol bagi MU.

Setan Merah -julukan MU- sebenarnya mendominasi penguasaan bola. Mereka membukukan prosentase penguasaan bola sebanyak 60 persen. Sementara Tottenham hanya 40 persen.

Namun, MU hanya melakukan delapan tembakan dengan tiga di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan tuan rumah mencatat empat shot on goal dari sepuluh percobaan,

Ya, dengan hasil itu MU yang mengemas 22 poin memiliki jarak yang cukup jauh dari pemimpin klasemen sementara Arsenal. The Gunners, julukan Arsenal unggul sembilan poin dari musuh bebuyutannya itu. Moyes dan anak buahnya kini harus banting tulang dan bekerja ekstra keras jika ingin targetnya di tahun baru itu tercapai. (mas/jos/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Kesan Bale Setelah Cetak Hat-Trick Pertama


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler