Nama-nama Komisioner KPU Jateng Ditetapkan Pekan Depan

Kamis, 19 September 2013 – 05:05 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat kemungkinan sudah akan menetapkan lima nama komisioner KPU Jawa Tengah periode 2013-2018, Senin (23/9) mendatang. Demikian dikemukakan Komisioner KPU Arief Budiman di Jakarta, Rabu (18/9) petang.

Menurut Arief, penetapan dimungkinkan Senin depan, setelah dipastikan sepuluh kandidat yang ada akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Semarang pada Kamis (19/9).

BACA JUGA: Kemendagri Kaji Solusi Polemik Pilkada Sumba Barat Daya

“Ini sekarang saya (Arief) dan seorang komisioner lain baru mau berangkat ke Semarang. Besok (Kamis), akan dilakukan fit and proper test. Nanti hasilnya akan kita bawa dalam rapat pleno KPU. Jadi Senin depan sepertinya sudah bisa ditetapkan,” ujarnya.

Dalam fit and proper test tersebut, kata Arief, masing-masing kandidat akan diuji beberapa hal. Di antaranya terkait kemampuan manajerial, pengetahuan kepemiluan dan pemahaman terhadap aturan main terkait kepemiluan yang ada.

BACA JUGA: Minta Caleg DPD Diberi Nomor Urut, Disarankan Usulkan ke DPR

Pelaksanaan fit and proper test menurut Arief, sepenuhnya dilakukan panitia seleksi yang ditunjuk KPU. Panitia terdiri dari kalangan akademisi, profesional dan tokoh masyarakat. Sementara komisioner KPU hanya berperan memantau pelaksanaan dan membawa hasil seleksi ke Jakarta untuk dibahas dalam rapat pleno guna menentukan lima nama.

“Jadi ada banyak hal yang akan diuji. Dan itu sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2013. Nantinya masing-masing kandidat akan diberi waktu 30 menit,” ujarnya.(gir/jpnn)

BACA JUGA: Minta KPU Daerah Cermat soal Keabsahan Parpol Pengusung Calon Kada

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPU Kota Bogor Panen Kecaman


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler