Nigeria v Korsel: Setitik Harapan

Selasa, 22 Juni 2010 – 04:52 WIB
BISA - Kapten tim Korsel Park Ji-sung dan rekan-rekannya saat merayakan gol ke gawang Argentina, dalam laga 17 Juni lalu di Johannesburg. Foto: Michael Steele/Getty Images/FIFA.com.
POLOKWANE - Nigeria memang terpuruk di dasar klasemen grup B Piala Dunia 2010 Afrika SelatanMeski begitu, jangan dulu mencoret Elang Super (julukan Nigeria)

BACA JUGA: Meksiko v Uruguay: Menghindari Argentina

Mereka masih memiliki peluang melaju ke babak 16 besar, meski tipis.

Nigeria memang masih bisa lolos
Syaratnya, mereka menang dua gol atau lebih pada pertandingan terakhir melawan Korea Selatan (Korsel), dini hari nanti, di Stadion Peter Mokaba, Polokwane (tayangan langsung Global TV pukul 01.30 WIB).

Selain menang dua gol tanpa balas, Nigeria juga masih harus berharap agar Argentina menang atas Yunani

BACA JUGA: Butuh Keajaiban ke Babak 16 Besar

Dengan begitu, meski memiliki koleksi poin sama, yakni tiga poin, dengan Yunani dan Korsel, Nigeria punya selisih gol lebih baik.

Jelas bukan tugas mudah
Sebab, Korsel juga punya peluang lolos dan mereka tentunya ingin lolos juga

BACA JUGA: Spanyol Raih Kemenangan yang Ditunggu

Bagi Korsel, syaratnya lebih mudahTim berjuluk Ksatria Taeguk itu hanya harus menang atas Nigeria, kemudian di laga lain Argentina seri dengan Yunani.

Bahkan, bila Argentina menang atas Yunani, maka cukup imbang saja sudah membawa mereka ke babak 16 besarPrestasi yang membanggakan setelah capaian terbaik mereka ketika menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 2002.

"Kekalahan telak dari Argentina membuat kami belajarKami tidak akan mengulangi kesalahan yang sama saat melawan NigeriaKami akan lakukan segalanya untuk pertandingan terakhir di penyisihan grup," bilang Huh Jung-Moo, pelatih Korsel, seperti dikutip Reuters.

Jung-Moo tampaknya tidak akan lagi menerapkan permainan terbuka saat melawan NigeriaSebab, di atas kertas, Argentina mampu mengatasi Yunani, dan dengan begitu hanya butuh seri saja atau tidak kalah lebih dari satu gol, cukup bagi mereka.

Korea punya rekor yang tidak begitu bagus pada pertandingan terakhir penyisihan grupDalam tujuh Piala Dunia yang mereka ikuti, mereka sekali imbang dan empat kali kalahSaat jadi tuan rumah, mereka menang 1-0 atas Portugal di laga terakhir.

Terlepas dari peluang kedua tim untuk melaju, Nigeria punya rekor buruk di Piala DuniaNigeria belum pernah menang dalam tujuh partai terakhir di Piala DuniaMereka hanya meraih enam kali kalah dan sekali seriKali terakhir menang adalah pada Piala Dunia 1998 melawan Bulgaria.

Selain itu, semangat tempur para pemain Nigeria sudah berkurang drastis"Sepertinya, meski kami menang pada pertandingan terakhir, tapi kami belum tentu bisa melaju ke babak berikutnyaBisa dibilang kami saat ini sudah habis," papar Joseph Yobo, kapten Nigeria(ham/ito/jpnn)

Perkiraan Pemain

Nigeria (4-4-2): 1-Enyeama (g); 17-Odiah, 2-Yobo, 6-Shittu, 3-Taiwo; 13-Yussuf, 20-Etuhu, 15-Haruna, 12-Uche; 11-Odemwingie, 8-Aiyegbeni
Pelatih: Lars Lagerback

Korsel (4-4-2): 18-Sung-Ryong (g); 2-Beom-Seok, 4-Yong-Hyung, 14-Jung-Soo, 12-Young-Pyo; 17-Chung-Yong, 16-Sung-Yueng, 7-Ji-Sung, 8-Jung-Woo; 19-Ki-Hun, 10-Chu-Young
Pelatih: Huh Jung-Moo

Wasit : Olego Benqueren (Portugal)
Stadion: Peter Mokaba, Polokwane

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peluang Juara Semakin Besar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler