Novel Baru Sambut Obama

Selasa, 16 Maret 2010 – 04:51 WIB
NOVEL - Damien Dematra, pelukis dan penulis Indonesia, dengan novel berjudul 'Obama Anak Menteng' karyanya. Foto: Indopos.

JAKARTA - Sepekan menjelang jadwal kunjungan Presiden AS Barack Hussein Obama ke Indonesia, berbagai persiapan penyambutan sudah berlangsung di tanah airSalah satunya adalah peluncuran buku tentang presiden AS pertama berkulit hitam tersebut.

Damien Dematra, pelukis dan penulis Indonesia, membuat novel tentang mantan senator Illinois itu

BACA JUGA: Kondisi Lulu-Lala Stabil

Novel yang berjudul Obama Anak Menteng tersebut diluncurkan di bekas sekolah Obama, SD Negeri 01 Besuki, Menteng, Jakarta, kemarin (15/3).

Novel ini diangkat dari kesaksian sejumlah teman Obama semasa kecil dan saat tinggal di Indonesia
"Cerita hidup Obama dapat menginspirasi banyak orang

BACA JUGA: KPK Perpanjang Masa Penahanan Gubernur Kepri

Dia mewujudkan the power of dream
Obama mengajarkan agar kita berani bermimpi tinggi

BACA JUGA: PP Tata Ruang Seharusnya Percepat Perda RTRW

Ini pesan moral yang kuat dari buku ini," ujar Damien di sela peluncuran buku setebal 206 halaman itu.

Penulis buku Demi Allah, Aku Jadi Teroris dan Ternyata Aku Sudah Islam ini mengatakan bahwa Obama juga merupakan ikon pluralismeHal ini tidak lepas dari sukses Obama, yang berasal dari kelompok minoritas, menjadi presiden negara adidayaNovel itu rencananya akan diserahkan kepada Obama ketika berkunjung ke Indonesia pada 23-25 Maret nanti.

"Selanjutnya, Juni nanti novel ini juga akan dibuat sebagai filmKonsepnya sedang kami matangkan," tuturnya.

Sementara itu, Panglima TNI Djoko Santoso mengatakan, pihaknya mengantisipasi kemungkinan ancaman selama kunjungan ObamaHingga saat ini, Djoko belum mengetahui di mana Obama menginap.  "Memang ada beberapa alternatif hotel," katanya.

Djoko menegaskan, pengamanan terhadap Obama akan dilakukan sebagaimana diterapkan pada tamu VVIP (very very important person) lainJenderal alumnus Akmil 1975 itu menuturkan, pengamanan TNI tetap menjadi prioritas PaspampresPolri akan mendukung di ring kedua.

"Soal ancaman itu tidak bisa disampaikanTapi, diwaspadai dan diantisipasi," jelasnyaDi setiap lokasi kunjungan, lanjut Panglima, pimpinan satuan TNI setempat sudah berkoordinasi dengan pimpinan satuan polisi.

Hingga kemarin, susunan acara kunjungan Obama belum dapat dipastikanTetapi, kunjungan ke Bali masih menjadi salah satu opsiSedangkan jadwal kunjungan ke Jogjakarta dan SDN Besuki Menteng masih belum pasti sebelum keluar jadwal resmi dari Kedubes AS di Jakarta.

Lama lawatan Obama ke Indonesia memang tidak berubah, yakni tiga hariNamun, dalam kunjungan ini Obama tidak akan didampingi sang istri, Michelle Obama, serta dua putrinya, Malia dan Sasha.

Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Dino Patti Djalal mengatakan, agenda Obama akan dimulai dengan mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, JakartaObama juga akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Presiden dan mendapat jamuan kenegaraan.

Obama juga dijadwalkan berpidato di beberapa institusi, seperti  Universitas Indonesia, Lemhannas (Lembaga Ketahanan Nasional), dan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI)Selain itu, Obama direncanakan berdialog dengan komunitas bisnis di IndonesiaTetapi, Dino mengatakan, jadwal tersebut bisa berubah sewaktu-waktu"Itu diatur Kedubes AS," kata Dino kemarin(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kembar Siam Asal Kalbar Sukses Dipisahkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler