Oh, Ternyata Banyak Banget Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Senin, 19 Desember 2016 – 13:23 WIB
Bawang Merah. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - BAWANG merah yang dalam bahasa latin disebut Allium ascalonicum L, merupakan tumbuhan dalam famili Alliaceae.

Umbi yang dihasilkan tanaman ini digunakan oleh manusia sebagai bumbu masakan. Ada yang dihaluskan bersama bumbu lainnya maupun dijadikan bawang goreng sebagai pewangi dan penyedap masakan.

BACA JUGA: Minum Banyak Soda Membuat Anda Ngantuk?

Mungkin Anda juga pernah menjumpai kakek atau nenek Anda mengonsumsi bawang merah, dengan cara langsung dimakan mentah atau diiris terlebih dahulu, kemudian dimakan.

Seperti halnya dengan bawang putih, bawang merah juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui, seperti dilansir laman India Times, Minggu (18/12).

BACA JUGA: Tips Mengatasi Diabetes Selama Kehamilan

1. Membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker

Bawang merah mengandung banyak senyawa sulfur yang membantu melindungi tubuh dari berbagai borok dan kanker. Bawang merah juga membantu melawan bakteri dan mencegah infeksi saluran kemih.

BACA JUGA: Smartphone Bisa Menggangu Waktu Tidur Malam Anda?

2. Kontrol diabetes

Untuk penderita diabetes, bawang merah bisa sangat menguntungkan karena bawang merah mentah membantu meningkatkan produksi insulin.

3. Membantu menyembuhkan sembelit

Saat ini, sangat umum untuk menemukan orang-orang dengan gangguan sembelit. Bawang merah sangat baik dikonsumsi bagi Anda penderita sembelit karena memiliki kemampuan untuk memaksa racun keluar dari usus Anda.

4. Membantu mengatasi rasa sakit tenggorokan

Gunakan jus bawang untuk menyembuhkan demam, flu dan sakit tenggorokan.

5. Memiliki kemampuan untuk menghentikan pendarahan hidung

Untuk segera menghentikan hidung berdarah, obat terbaik adalah mencium bawang merah.

6. Melindungi jantung

Bawang adalah obat yang efektif untuk penyakit jantung. Bawang merah melindungi jantung dari penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi.

7. Membantu mengontrol kolesterol

Jika Anda makan bawang merah setiap hari Anda bisa menjaga kolesterol Anda (LDL) tetap normal. Bahkan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam kasus yang ekstrim.(fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dipanasi Dulu, Baru Ditempel, Lanjut Mandi Susu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler