Panen Raya Benih Bawang Putih di NTB jadi Langkah Konkret Menuju Swasembada Nasional

Rabu, 31 Juli 2024 – 13:25 WIB
Direktur Perbenihan Hortikultura Inti Pertiwi Nashwari saat menyaksikan panen raya benih bawang putih di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, LOMBOK TIMUR - Direktorat Jenderal Hortikultura kembali menggelar panen raya benih bawang putih yang kali ini berlokasi di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Panen yang dilakukan Kelompok Tani Pusuk Pujata pada Kamis (25/7) lalu ini disaksikan Direktur Perbenihan Hortikultura Inti Pertiwi Nashwari bersama dengan perwakilan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB.

BACA JUGA: Percepatan Pencapaian Target PAT, Gelar Rapat Koordinasi Teknis di Sulsel

Selain itu juga disaksikan perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur, Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi NTB, beserta jajaran forkopimda, polsek, camat, kepala desa, serta petani yang terlibat dalam kegiatan swakelola.

Direktur Perbenihan Hortikultura Inti Pertiwi Nashwari mengatakan inisiasi kegiatan swakelola didasari ketika Kementerian Pertanian (Kementan) memiliki program pengembangan kawasan bawang putih namun benihnya tidak tersedia.

BACA JUGA: Mentan Amran Ungkap Varietas Padi Unggul Sukses Diujicobakan di Lumbung Pangan Merauke

"Melalui terobosan kegiatan swakelola yang bekerja sama dengan kelompok tani diharapkan dapat menyediakan benih bermutu yang dibutuhkan oleh pemerintah dalam waktu dan jumlah yang ditentukan," ujar Inti dalam keterangannya, Rabu (31/7).

Selain itu, lanjut Inti, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong dan memberi semangat kepada para petani untuk terus berproduksi.

BACA JUGA: Kementan Gelar Aksi Cabai Murah Harga Petani, Dijamin Lebih Terjangkau, Yuk Buruan!

Inti menyampaikan panen raya ini merupakan salah satu langkah konkret menuju swasembada bawang putih nasional sesuai program Kementan melalui Ditjen Hortikultura.

Upaya yang dilakukan, di antaranya dengan menjamin penyediaan benih bermutu melalui kegiatan swakelola penyediaan benih.

Inti menyebut kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program tahun lalu.

“Luas lahan varietas Lumbu Putih yang dipanen berasal dari kontrak swakelola tahap kedua seluas 27 hektare. Sekitar 24 hektare lahan sudah dipanen bertahap," sebutnya.

Dia juga menyampaikan rata-rata produktivitas basah sebesar 14.624 kg per hektare.

"Seluruh hasil panen akan dimanfaatkan untuk benih dan akan diserahterimakan pada akhir tahun 2024 kemudian digunakan untuk bantuan benih pada pengembangan kawasan tahun 2025,” papar Inti.

Kesempatan tersebut turut diramaikan dengan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Produsen Benih Bawang Putih.

Para petani diberikan pengetahuan terkait teknologi produksi benih bermutu dan penanganan pasca panen calon benih bawang putih termasuk proses dormansi sehingga dapat menghasilkan benih dengan kualitas yang optimal.

Narasumber dari Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT) IPB Kusuma Darma menyampaikan potensi pengembangan bawang putih di Sembalun mencapai produksi basah sebesar 14 ton per hektare.

Ini merupakan prestasi yang sangat bagus dan masih bisa ditingkatkan lagi.

“Salah satu keuntungan budidaya benih bawang putih di Sembalun yaitu karena lama penyinaran sinar matahari lebih lama dibandingkan daerah lain sehingga hasilnya lebih maksimal,” kata Kusuma.

Beberapa teknologi yang dikembangkan oleh PKHT untuk pemecahan dormansi benih bawang putih, lanjut Kusuma, yaitu dengan teknologi vernalisasi dengan aplikasi suhu dingin 5-8 derajat Celcius selama 2-4 minggu dapat mempercepat munculnya tunas.

“Selain itu juga ada teknologi Finebubble dengan cara memasukkan gelembung nitrogen ke dalam air dan digunakan untuk merendam benih bawang putih sehingga dapat mempercepat munculnya tunas bawang putih,” tambahnya.

Narasumber Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Pascapanen Pertanian Kirana Sanggrami Sasmitaloka menyebutkan salah satu cara untuk meningkatkan mutu benih, yaitu tanaman dipanen sesuai dengan umur panennya.

Hal ini bisa dilihat dari ciri-ciri fisik tanaman tersebut karena masing-masing varietas memiliki umur panen yang berbeda.

“Teknologi yang dikembangkan BSIP Pasca Panen, yaitu penanganan pasca panen menggunakan instore dryer untuk mengeringkan dan menyimpan benih. Kegiatan pasca panen harus dilakukan dengan benar agar benih yang dihasilkan berkualitas," terang Kirana.

Sementara itu, lanjut Kirana, berbagai hal yang dapat menimbulkan kerusakan benih, penyusutan bobot, terjadinya serangan OPT dan tercampurnya benih selama penyimpanan di gudang perlu dilakukan upaya pengendalian. (mrk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lumbung Pangan di Merauke Bawa Perubahan, Petani: Terima Kasih Bapak Jokowi


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler