Para Ulama Desak Segera Tangkap Aktor Kerusuhan Tolikara

Kamis, 23 Juli 2015 – 16:55 WIB
Komite Umat untuk Tolikara (Komat) menggelar konferensi pers terkait insiden Tolikara di Jakarta, Kamis (23/7). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Para ulama dan tokoh Islam yang tergabung dalam Komite Umat untuk Tolikara Papua (Komat Tolikara) mendesak pihak kepolisian agar mengusut tuntas kasus intoleransi di Tolikara, Papua.  Mereka juga mendesak agar aktor intelektual di balik insiden tersebut segera dibekuk.

“Kami ingin ada tindakan transparan karena ini adalah yang pertama kali dalam sejarah Indonesia,” ujar Bachtiar Nasir, Ketua Harian Komat Tolikara dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (23/7).

BACA JUGA: Jangankan Rakyat, DPR Saja Bingung

“Kami juga menuntut dilakukan langkah hukum yang tegas, adil dan transparan terhadap aktual dan oknum-oknum yang telah melakukan tindakan radikalisme, separatisme dan teroris,” sambungnya.

Hadir dalam acara konferensi pers di antaranya Yusuf Mansur, Hidayat Nur Wahid, Didin Hafidhudin, Bahtiar Nasir, Syafii Antonio, dan pengurus Komat Tolikara lainnya.

BACA JUGA: Menteri Yuddy Klaim Revolusi Mental ASN Sudah Tampak

Bachtiar menegaskan, dengan penuntasan kasus Tolikara ini hingga ke akar-akarnya akan membuktikan bahwa Pemerintahan Presiden Jokowi dan wapres Jusuf Kalla memang peduli akan keamanan dan kebebasan beribadah bagi seluruh umat di Indonesia, terutama umat Islam.

“Ini sekaligus bentuk jaminan pemerintah akan kebebasan pelaksanaan beribadah yang diatur dalam UUD 1945,” ujarnya.

BACA JUGA: Berkas Novel Sudah di Kejaksaan

Selain langkah hukum, para tokoh Komat Tolikara juga mengingatkan adanya bahaya yang dilakukan aktor intelektual dan oknum-oknum tertentu yang mencoba memanfaatkan kasus Tolikara ini. Ada indikasi kepentingan asing bermain dalam kasus Tolikara ini yang mencoba mengganggu kedaulatan NKRI.  

“Masalah Tolikara ini adalah masalah dalam negeri.  TNI dan Polri harus menindak tegas unsur-unsur atau atribut yang mengarah pada keterlibatan pihak asing yang tidak bertanggung jawab,” ujar Bachtiar. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... STOP PRESS! Dua Tersangka Rusuh Tolikara Sudah Ditangkap


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler