Parlemen Asia Rumuskan 7 Draft Resolusi

Rabu, 12 Agustus 2009 – 21:56 WIB

JAKARTA - Sidang Eksekutif Asian Parliamentary Assembly (APA) yang berakhir sore tadi menghasilkan 7 draft resolusi untuk dibahas pada sidang Paripurna Asian Parliamentary Assembly di Bandung, Desember mendatang.

Ketujuh draft tersebut yakni resolusi penanganan dampak krisis keuangan dunia bagi negara-negara anggota parlemen APA, resolusi pemberantasan korupsi, tantangan dan kesempatan Asia dalam era globalisasi, peningkatan kesetaraan kesehatan di Asia, perlindungan dan penghargaan keanekaragaman budaya di Asia, resolusi isu lingkungan, pemanasan global, perubahan iklim dan penanaman miliaran pohon di seluruh Asia, dan resolusi pengentasan kemiskinan di Asia.

"Ketujuh draft tersebut akan menjadi agenda pembahasan utama pada sesi paripurna untuk disepakati bersama," kata ketua Sidang executive council Abdillah Toha, usai menutup sidang, di hotel Sultan, Jakarta, (12/8).

Selain itu, lanjutnya, forum juga telah menyepakati pelaksanaan sidang paripurna APA yang akan berlangsung pada tanggal 7-10 Desember 2009 di Kota Bandung.

Dia tambahkan, sidang juga telah menyetujui usulan Indonesia untuk memangkas jumlah komisi tetap APA yang ada selama ini 5 komisi menjadi 3 komisi"Ketiga komisi tersebut mencangkup 5 lima bidang isu yang ditangani selama ini dalam rangka efisiensi dan efektifitas kinerja APA," katanya.

Dalam rangka tersebut, lanjutnya, sidang memutuskan untuk menugaskan Sekjen APA segera melakukan upaya penjajakan terhadap negara-negara anggota APA untuk menjadi host dari acara komisi tersebut

BACA JUGA: Indonesia Desak APA Susun Legislasi Lawan Terorisme

"Prinsipnya sidang kali ini membahas persoalan mekanisme dan tata kerja APA dalam rangka efisiensi dan efektifitas kinerja APA ke depan," imbuhnya
(fas/JPNN)

BACA JUGA: KPK dan BPK Perlu Tatar Bawasda

BACA JUGA: Pengawas Internal Pemerintah Mandul

BACA ARTIKEL LAINNYA... MK Tolak Gugatan Rival SBY-Boed


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler