Parpol Berlomba Bantu Korban Kelud

Minggu, 16 Februari 2014 – 06:33 WIB

jpnn.com - JAKARTA--Partai-partai politik tak mau ketinggalan merespon bencana letusan gunung Kelud. Sekjen DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) meminta seluruh jajaran kader Demokrat, khususnya wilayah Jawa Timur, untuk menggerakkan seluruh potensi partai membantu para korban yang terkena dampak.

"Prioritaskan membantu masyarakat agar terhindar dari penyakit pernafasan seperti suplay masker, obat, dan pertolongan pertama kesehatan," tegas Ibas dalam keterangannya dari Magetan, Jawa Timur, Sabtu (15/2).

BACA JUGA: Istri Bupati Lulus CPNS

Putra bungsu Presiden SBY itu kebetulan berada di kabupaten yang juga terkena dampak abu vulkanik gunung Kelud itu untuk bersilaturahim dengan konsituennya di Desa Jomblang, Kecamatan Takeran.

"Kami di Magetan merasakan betul dampak letusan gunung Kelud, abu vulkanik menyelimuti Magetan dan sekitarnya," ujar Ibas.

BACA JUGA: Tanggap Darurat Pantura Selesai Akhir Februari

Selain akan menggerakkan mesin Demokrat, politisi muda itu juga menyampaikan dorongan kepada seluruh satuan kerja (satker) yang terlibat dalam penanganan musibah letusan gunung Kelud untuk memperlancar bantuan bagi para korban.

"Kami akan terus memantau perkembangannya, khususnya kondisi masyarakat yang terkena dampak dan akan bersinergi dengan pemerintah untuk menyalurkan bantuan yang dibutuhkan," tandasnya.

BACA JUGA: Gunung Kelud Masih Berpotensi Meletus

Dia kemudian menyampakan harapan, agar bencana alam yang terjadi bisa dilewati dengan tabah. Solidaritas seluruh eleman masyarakat juga bisa semakin ditingkatkan. "Semoga bencana ini cepat berlalu dan dampak dari bencana ini bisa diminimalisir semaksimal mungkin sehingga warga dapat kembali beraktifitas dengan normal lagi," tambah Ibas.
 
Bukan hanya Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga diantara yang langsung bergerak cepat dengan memerintahkan sejumlah elemen di partainya untuk turun membantu. "PKB menganggap Kelud sebagai bencana nasional," tegas Ketua Umum DPP PKB A. Muhaimin Iskandar dalam pernyataannya.

Selain menyampaikan instruksi untuk struktur partainya di daerah, para bakal capres PKB juga termasuk yang mendapat perintah. Hingga saat ini, ada tiga bakal capres yang sedang dielus-elus PKB. Yaitu, Ketua MK Mahfud MD, mantan Wapres Jusuf Kalla, dan pedangdut Rhoma Irama.  

"Memerintahkan semua capres PKB turun membantu, dan akan dipimpin langsung ketum (ketua umum, Red) PKB. Kalau perlu Rhoma Irama melelang gitarnya untuk membantu pengungsi," tandas politisi yang akrab disapa Cak Imin itu.

Khusus untuk struktur partai, Cak Imin memerintahkan DPW PKB Jatim untuk mengirimkan 300 relawan ke lokasi bencana. Selain itu, lanjut dia, DPW juga diperintahkan untuk membantu membuat dapur umum, mengumpulkan bahan makanan dan pakaian, membagikan masker, serta kebutuhan para pengungsi lainnya.
    
"Juga, memerintahkan DPC (PKB) Kediri dan sekitarnya membentuk tim tanggap darurat, dan kantor DPC menjadi tempat pengungsian," imbuhnya.
    
Pengurus PKB di kota-kota yang terkena dampak hujan debu, dia juga perintahkan untuk tidak berdiam diri. "Juga harus membantu, paling tidak ikut menyebarkan masker yang memang dibutuhkan," tegas Cak Imin kembali. (dyn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jual Pasir Kelud ke Surabaya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler