Gelar Try Out SBM-PTN

PDIP Komitmen Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Kamis, 26 April 2018 – 19:55 WIB
Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPP PDI Perjuangan Sukur Nababan (kedua kanan) bersalaman dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/4). Foto: M Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan menggelar try out nasional seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM-PTN) 2018, Minggu (29/4).

Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPP PDI Perjuangan Sukur Nababan mengatakan try out ini merupakan salah satu program kerja strategis pada dunia pendidikan yang telah ditetapkan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri pada Rakernas III di Bali, 23-25 Februari 2018 lalu.

BACA JUGA: Jaksa Pengin Alfian Tanjung Dihukum 3 Tahun Penjara

"Try out ini juga menjadi komitmen PDI Perjuangan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara," kata Sukur di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/4).

Dia berharap digelarnya try out kni para siswa mampu memahami situasi saat tes SBMPTN. Try out bisa menjadi sarana para siswa SLTA/sederajat agar berhasil masuk perguruan tinggi nasional (PTN) favorit terbaiknya di Indonesia.

BACA JUGA: PDIP: PKH jadi Modus Politik Uang di Pilkada Jatim

Dia mengatakan, materi try out yang disajikan hampir mirip dengan soal yang keluar dalam SBM-PTN setiap tahunnya.

"Try out ini akan dilaksanakan secara serentak se Indonesia melalui semua pengurus partai mulai DPP, DPD, DPC dan PAC," katanya.

BACA JUGA: Pesan Bu Mega: Berpolitik Harus Mengedepankan Peradaban

PDI Perjuangan menargetkan peserta sekitar 365 ribu siswa SMA/sederajat. Para siswa akan mendapatkan sejumlah modul, mulai soal ujian, penyelesaian sampai profil PTN terbaik di Indonesia.

"Kami pengin mempersiapkan mental dan psikologi para siswa pada saat menghadapi SBM-PTN kerena suasana try out sama dengan suasana pada saat SBM-PTN nanti," katanya.

PDI Perjuangan berkomitmen mempersiapkan para siswa-siswi tentang cara pengisian data pribadi dan lembar jawaban pada saat SBM-PTN nanti.

Try out ini menjadi alat ukur para siswa mengenai kemampuan dan tujuan perguruan tinggi.

"Karena kami membuat soal-soal yang terukur dan identifikasi PTN saat try out," jelasnya.

Selain itu, kata dia, juga pengin memberikan pemahaman kepada siswa dalam menentukan universitas unggulan. "Misalnya, daya tampung dan grade universitas," katanya.

Pendaftaran bisa dilakukan di kantor DPD dan DPC PDI Perjuangan se Indonesia.

"Kami akan berikan bea siswa nanti kepada yang nilai tinggi. Sesuai amanat UUD 1945 tidak boleh ada anak Indonesia yang tidak sekolah," katanya. "Jika ada anak-anak yang kurang mampu bayar uang kuliah tapi sudah masuk ke PTN, kami akan siap membantu," tambahnya.

Pada 21 Mei 2016, kata dia, try out serupa diikuti 300.000 pelajar dan dibuka Megawati di Gor Ciracas, Jakarta Timur, berhasil mendapat rekor MURI kategori peserta terbanyak yang dilakukan serentak se- Indonesia.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemanfaatan SARA untuk Politik Merusak Demokrasi Indonesia


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PDIP   SBM-PTN   Sukur Nababan  

Terpopuler