PDIP Salahkan Petugas Pengamanan

Selasa, 22 November 2011 – 11:51 WIB
JAKARTA - Ketua DPP PDIP Perjuangan, Pramono Anung mengatakan bahwa harusnya penanganan aparat bisa leih baik dalam pengamanan pertandingan antara Timnas Indonesia dengan Timnas Malaysia dalam laga final sepakbola SEA Games di SUGBK, Senin (21/11) malamMenurutnya, antusiasme masyarakat yang luar biasa besar itu harusnya bisa diantisipasi dengan cara penanganan yang lebih baik

BACA JUGA: Sekretariat KPK Dituding Teledor

Hal itu disampaikan Pramono Anung menanggapi tewasnya dua supoter tuan rumah yang ingin menyaksikan pertandingan tersebut.

"Animo yang luar biasa itu harusnya penanganan aparat keamanan lebih baik," kata Pramono Anung kepada pers di Jakarta, Selasa (22/11).

Bahkan, lanjut dia kesiapan seluruh penyelenggara harusnya lebih baik
Karena, lanjut Pram, saat terjadi insiden penonton terinjak-injak, itu terjadi lagi  persoalan kunci ambulan tidak ada untuk membawa suporter tersebut.

"Nah, kalau kita lihat di negara barat, aparat keamanan bukan nonton bola, tapi nonton penonton

BACA JUGA: Dana Bansos Rawan Korupsi

Kalau di kita, aparat, panitia, semua jadi penonton, penikmat bola," kata Pramono.

Ia menegaskan, kejadian kemarin harus menjadi pengalaman kenapa  even besar keselamatan penonton tidak diperhatikan
"Harusnya keselamatan penonton menjadi hal yang luar biasa

BACA JUGA: 15 Koruptor, Bebas Merdeka

Delay pertandingan yang begitu lama itu menunjukkan masalah luar biasa," ungkap anak buah Megawati Soekarnoputri, itu.

Seperti diketahui,  dua orang meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka akibat berdesakan saat masuk lewat pintu stadionSalah satunya Alvin Reno,20,warga Cawang, Cililitan, JakartaSedangkan satu lagi belum bisa diidentifikasi.

Kejadian pahit ini berawal sekitar pukul 18.00 WIB ketika ratusan penonton sudah berjubel untuk masuk di Pintu 15Namun, tiba-tiba pintu masuk sudah ditutup panitiaPadahal masih banyak penonton bertiket yang belum masuk.

Namun, korban bernasib nahasSaat itu Reno dan satu korban lainnya berada di depan pintu masuk yang sudah tertutupUntuk mundur sudah tidak bisa karena mendapat desakan dari belakangSedangkan pagar pembatas besi juga sudah robohMasalah lain saat pertandingan adalah loket yang beberapa kali terbakar, karena penonton antre tiket(fuz/boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mabes Polri Ringkus Pembantai Orang Utan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler