PDIP Siapkan Koalisi Antar Tokoh

Rabu, 05 November 2008 – 09:50 WIB
JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) saat ini mematangkan koalisi antartokoh untuk menyukseskan langkah Megawati Soekarnoputri menuju kursi RI 1Para tokoh tersebut diharapkan mampu ikut mendongkrak perolehan suara Megawati dalam Pilpres 2009.

''Kami berusaha merangkul tokoh-tokoh sentral dari berbagai komunitas, kelompok kepentingan, dan latar belakang politik,'' kata Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait di Jakarta Selasa (4/11)

BACA JUGA: Para Tokoh bakal Capres Kecewa UU Pilpres

Koalisi tokoh itu sifatnya lintas partai.

Menurut Maruarar, salah satu contoh koalisi tokoh yang menjadi prioritas untuk disolidkan ialah kepala daerah yang diusung PDIP
Apa pun background parpolnya, lanjut dia, para kepala daerah itu sudah terikat komitmen untuk memenangkan Megawati.

Secara terbuka Maruarar memuji cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa yang menyatakan kesiapannya mendukung Megawati

BACA JUGA: Survei IRDI : JK Paling Kuat Dampingi SBY

Dalam putaran kedua pilkada Jatim, PDIP memang mendukung Khofifah yang berpasangan dengan Mudjiono.

''Gubernur lain yang maju dari PDIP harus mencontoh Khofifah,'' katanya
Dia menyebut, saat ini ada 15 gubernur yang menang atas dukungan PDIP, yakni Sumbar, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jateng, Jatim, Bali, NTT, Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat.

''Kalau wali kota dan bupati sekitar 40 persen dari total pilkada di Indonesia,'' cetus putra politikus senior PDIP Sabam Sirait itu

BACA JUGA: Gubernur Jatim, Khofifah atau Karwo?



Menyangkut koalisi dengan parpol lain, Maruarar menegaskan, sebaiknya dibangun sedari awalDengan demikian, ada pemahaman yang mencapai massa moncong putih di level grass root''Koalisi tidak akan efektif kalau elitis,'' tegasnya.

Lantas, apakah massa moncong putih bisa menerima bila PDIP bekerja sama dengan Golkar dan PKS? Sebab, tak sedikit loyalis PDIP yang masih memberi stigma Orde Baru terhadap Golkar dan resisten dengan PKS yang dianggap memiliki ideologi berseberangan''Realitasnya banyak eks-Golkar di PDIP dan saya juga sering diundang untuk bicara di forumnya PKS,'' jawab Maruarar, lantas tertawa.(pri/mk)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Besok Pilgub Jatim, Kartu Belum Terbagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler