PDIP Siapkan Program Pembangunan Semesta Berencana

Rabu, 04 September 2013 – 17:36 WIB

jpnn.com - JAKARTA - PDI perjuangan akan mengadakan Rapat Kerja Nasional pada tanggal 6-8 September 2013. Salah satu yang akan diputuskan dalam Rakernas itu mengenai program pemerintahan PDIP.

"Rakernas besok juga akan memutuskan program pemerintahan PDIP, jangka pendek lima tahun dan jangka panjang 30 tahun," kata Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo dalam konferensi pers di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (4/9).

BACA JUGA: 11 Ormas Islam Kutuk Tragedi Kemanusiaan di Mesir

Tjahjo menjelaskan, program itu diberi nama program pembangunan semesta berencana Indonesia lima tahun sampai dengan 30 tahun. Penyusuan program itu diketuai oleh dua kader PDIP yakni Arif Budimanta dan M. Prakosa.

Nantinya, lanjut Tjahjo, peserta Rakernas akan memberikan masukan mengenai program tersebut. "Ini mengintegrasikan masukan-masukan dari fraksi, hasil Rakernas I dan II. Kemudian disusun dalam sebuah buku yang akan menjadi program pemerintahan," katanya.

BACA JUGA: Diperiksa Polisi, Gamawan Serahkan VCD dan Kliping Koran

Sementara itu Prakosa menjelaskan, mengenai program, PDIP sudah menyiapkan suatu konsep yaitu reorientasi dalam pengelolaan pembangunan nasional. "Ini sekaligus paradigma baru pembangunan nasional kita. Kita sudah ada draftnya," katanya.

Dari sisi ekonomi, Arif menambahkan, PDIP membuat program itu supaya ekonomi di Indonesia berbasis kepada pengetahuan. "Karena itu merupakan mandat konstitusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," katanya.

BACA JUGA: Ketua KPK Segera Putuskan Banding atas Vonis Djoko Susilo

Atas dasar itu, menurut Arif, PDIP sudah menyiapkan suatu roadmap di dalam draft pembangunan semesta berencana itu. "Kita tidak ingin Indonesia berganti pemerintah tapi masih menghadapi situasi yang sama-sama saja," katanya.(gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Belasan Ormas Tolak Penyelenggaraan Miss World


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler