Pecahkan Rekor, Martinez Bikin Malu Moyes

Kamis, 05 Desember 2013 – 05:43 WIB
David Moyes tertunduk lesu setelah mantan tim yang dilatihkan mengalahkan Manchester United. FOTO: manutd.com

jpnn.com - MANCHESTER - Sir Alex Ferguson tak mampu menyembunyikan wajah sedihnya saat melihat Manchester United (MU) menyerah 0-1 dari Everton. Tatapannya kala bangkit dari bangku VIP Stadion Old Trafford menyiratkan rasa tak percaya, tim yang dibawanya menjadi juara Premier League18 kali itu ditekuk tamunya di kandang. Sebaliknya, di lapangan, kubu Everton tampak bersuka cita. Ketika para pemain MU sudah masuk ke ruang ganti, para penggawa tim arahan Roberto Martinez itu masih berada di lapangan seraya memberi salut kepada para pendukungnya. 

Roberto Martinez pun tak henti mengumbar senyum usai Bryan Oviedo menjebol gawang MU yang dikawal David de Gea pada menit ke-86. Pelatih asal Spanyol itu memang layak berpesta. Sebab, dia telah sukses menaklukkan tugas superberat, yang notabene David Moyes pun tak mampu melakukannya. Selama 11 tahun menukangi Everton, tak sekalipun pria yang menggantikan Sir Alex itu mampu mengungguli lawannya yang berjuluk Setan Merah itu di Old Trafford. ''Kami semakin memantapkan posisi setelah kemenangan di kandang MU,'' ucap Roberto Martinez di situs resmi Premier League.

BACA JUGA: PSSI Bantu Pemulangan Jenazah Begondo ke Kamerun

Dalam pertandingan itu, jika melihat statistik, sejatinya hasil imbang sudah lumayan bagi kubu Everton. Dari penguasaan bola, anak-anak Goodison Park tertinggal 46 persen dibanding MU yang menguasai 54 persen. MU pun unggul dalam jumlah tendangan ke gawang dengan mencatatkan tiga tendangan, sedangkan Everton hanya membuat dua tendangan ke gawang, yang satu di antaranya berbuah gol.     

Sang kiper Tim Howard juga harus jatuh-bangun menahan gempuran barisan penyerang MU yang dikomandoi Wayne Rooney. Di antaranya saat dia menahan tendangan voli Adnan Januzaj dan serial heading dari Patrice Evra dan Danny Welbeck. ''Kami melakukan hal yang luar biasa malam ini. Sekarang kami sudah di empat besar,'' papar Oviedo, pahlawan kemenangan di situs resmi Premier League. ''Saya berterimakasih diberi kesempatan tampil,'' sambung pemain yang masuk menggantikan Leighton Baines yang cedera.

BACA JUGA: Paul Pogba Pemain Muda Terbaik Eropa

Serangkaian gempuran MU membuat gawang Everton sangat rawan kebobolan. Tak ayal, sampai sepuluh menit terakhir, mereka terus tertekan. Namun, justru para pemain Everton mampu keluar dari tekanan dan sukses menikam MU dengan gol tunggal Oviedo. 

Kemenangan itu membuat Everton kini bertengger di urutan kelima klasemen sementara dengan koleksi 27 poin. Sebaliknya, MU terdampar di urutan kesembilan dengan koleksi 22 poin. Hal itu membuat kans MU meraih puncak klasemen di tahun baru menjadi seperti mimpi di siang bolong. Sebab, saat ini mereka sudah tertinggal 12 poin dari Arsenal di posisi teratas.     

BACA JUGA: Mourinho Remehkan Kans Juara MU-Tottenham

Walau mengalami hasil pahit, Moyes dengan fair mengakui kehebatan Roberto Martinez yang menggantikan kedudukannya di Everton. Saat diwawancara usai pertandingan, Moyes tak bisa menyembunyikan kesedihannya. Dan dia pun berkilah bahwa MU kalah karena tak beruntung. "Saya rasa kami benar-benar menguasi permainan sepanjang malam. Kami membutuhkan sedikit keberuntungan tapi kami tidak mendapatkan itu. Tim ini (MU) memiliki beberapa peluang tapi kami kalah dalam pertandingan," ujarnya 

Moyes pun memuju penggantinya di Everton. ''Dia (Martinez) melakukan pekerjaan yang sangat bagus,'' ucapnya seperti dilansir dari Sky Sports. (mas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Neymar Pemain Terbaik Dunia Kalau Messi Sudah Lemah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler