Peduli Air Bersih, Coca-Cola Sumbang Fasilitas

Dalam Rangka Peringatan Hari Bumi 2010

Senin, 19 April 2010 – 17:50 WIB
TANGKI - Titi Sadarini yang didampingi Arif Mujahidin dari Coca-Cola, ketika memberikan sumbangan fasilitas penampung air bersih secara simbolis kepada perwakilan warga Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (19/4). Foto: Nicha Ratnasari/JPNN.
JAKARTA - Guna menjaga keseimbangan dan ketersediaan air bersih di wilayah Kepulauan Seribu, PT Coca Cola Indonesia melalui program Corporate Social Responbility (CSR), menyumbangkan beberapa fasilitas untuk penyediaan air bersih dan air minumFasilitas tersebut antara lain berupa lima buah tangki air untuk menampung air hujan.

"Sebagian besar warga di Kepulauan Seribu, khususnya di Pulau Untung Jawa, rata-rata mengkonsumsi air hujan, mengingat hanya air hujan yang bisa dikonsumsi masyarakat di pulau tersebut," ungkap Media Relations Manager PT Coca Cola Indonesia, Arif Mujahidin, kepada wartawan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (19/4).

Arif lantas mengatakan, dipilihnya wilayah percontohan di luar Jakarta, karena memang air bersih di Kepulauan Seribu itu merupakan suatu hal yang sangat unik dan langka

BACA JUGA: Periksa Hakim, Polri Tunggu KY

"Ketersediaan air di pulau ini hanyalah berupa air payau
Untuk mendapatkan air tawar sangat sulit sekali

BACA JUGA: Polri Konfrontir Indy dengan Andris

Cara satu-satunya untuk memperoleh air tawar, adalah dengan metode penampungan air hujan yang kemudian diolah kembali, sehingga dapat dikonsumsi," jelasnya.

Dijelaskan Arif pula, kini di Pulau Untung Jawa yang memiliki luas sekitar 50 hektar tersebut, juga telah tersedia fasilitas penyulingan air hujan, baik dengan cara modern maupun tradisional
Dengan adanya fasilitas penampungan air hujan ini, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Pulau Untung Jawa sendiri, Atib, mengaku senang karena hal itu dapat membantu masyarakat dalam hal penyediaan air minum.

"Musim panas di pulau ini cukup panjang, sehingga kami sangat sulit untuk mendapatkan air bersih

BACA JUGA: Hakim Dinilai Abaikan Sidang MK

Maka dari itu, hal ini merupakan salah satu alternatif yang cukup baik," ujarnyaAtib pun menyebutkan, dengan daya tampung tangki air yang mencapai 5.200 liter, untuk sementara ini terbilang sudah dapat mencukupi kebutuhan air masyarakat Pulau Untung Jawa yang berjumlah 2.000 jiwa dari 520 Kepala Keluarga (KK).

Sementara itu, Corporate Affairs Director PT Coca Cola Indonesia, Titie Sadarini, lebih jauh menambahkan bahwa bantuan atau sumbangan yang mereka berikan tersebut, diharapkan dapat lebih meningkatkan ketersediaan air bersih di Kepulauan Seribu umumnyaUntuk diketahui pula, aksi kepedulian yang dilakukan oleh Coca Cola ini disebutkan sebagai salah satu rangkaian agenda yang disiapkan, dalam rangka memperingati Hari Bumi 2010 yang jatuh pada 22 April(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Indosiar Langganan Sanksi KPI


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler