Pelaku Curanmor Bawa Jimat Tertindih Motor, Remuuuk

Senin, 13 Februari 2017 – 07:19 WIB
Ditahan. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Mislin, 31, warga Jatisrono Timur I, Surabaya, nyaris tewas karena diamuk massa setelah aksinya mencuri kendaraan bermotor di rumah Arif Satrio, 38, warga Jalan Tambak Gringsing Lama I nomor 55 A Surabaya, dipergoki korban, Minggu dinihari (12/2).

Akibatnya, pemuda bertato dengan rambut gondrong ini jadi bulan-bulanan warga sebelum akhirnya diamankan oleh polisi.

BACA JUGA: Bantah Curi HP, Mengaku Gondol Tabung Elpiji, ya Sudah

Sedangkan Harun, rekannya yang terlibat dalam aksi curanmor, berhasil kabur dan kini ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO) alias buronan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Radar Surabaya (Jawa Pos Group), aksi pencurian tersebut terjadi pada Minggu sekitar pukul 03.30.

BACA JUGA: 6 Pelajar Curi 7 Motor, Cita-Cita Kalian Apa, Tong?

Saat itu, Mislin yang membonceng Harun (DPO) berkeliling mengendarai sepeda motor. Mereka mencari target yakni motor yang diparkir di teras rumah.

Setelah cukup lama berkeliling, keduanya menemukan target motor milik korban yang diparkir di teras rumah.

BACA JUGA: Pelajar Nekat Curi Tujuh Motor

Kondisi rumah yang sepi membuat keduanya merasa menemukan peluang. Kedua pelaku pun lantas melakukan eksekusi.

Mereka berbagi tugas. Harun sebagai eksekutor bertugas merusak kunci pagar rumah sekaligus merusak kunci motor. Sedangkan Mislin tetap berada di atas motornya dan bertugas mengawasi situasi.

Setelah berhasil merusak kunci kontak motor, Harun bergegas mengeluarkan motor incaran.

Namun baru sekitar satu meter didorong keluar, aksi mereka kepergok oleh korban. Sontak, korban pun berteriak maling.

Kedua pelaku yang tahu aksinya kepergok korban langsung semburat. Harun memilih meninggalkan motor korban daripada diamuk massa.

Ia lantas berlari untuk membonceng ke motor Mislin yang saat itu sudah bersiap hendak tancap gas.

Namun karena panik, kedua pemuda yang berkomplot dalam aksi kejahatan ini malah terjatuh. Harun berhasil berdiri lagi dan melarikan diri.

Tapi, nasib apes menimpa Mislin. Ia hanya bisa pasrah lantaran tubuhnya tak bisa bergerak karena tertindih motornya sendiri.

Saat itulah, warga yang datang langsung beramai-ramai menghajar Mislin hingga babak belur.

Teriakan minta ampun dari pemuda kerempeng ini tak digubris oleh massa yang sudah geram dengan aksi curanmor mereka. Tak hanya menghajar Mislin, massa juga merusak sepeda motornya.

Beruntung, aksi warga berhasil dilerai oleh dua orang anggota Intel Polrestabes Surabaya yang kebetulan lewat dekat lokasi.

Mereka adalah Aipda Armandik dan Aipda Adik. Keduanya lantas mengamankan Mislin. Namun karena lokasi kejadian di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Mislin pun diserahkan untuk diproses hukum.

Selain tersangka, barang bukti yang berhasil diamankan adalah dua unit sepeda motor milik pelaku dan korban, delapan buah kunci T, satu kunci untuk merusak gembok pagar rumah, pisau penghabisan, dan berbagai pecahan mata uang lama mulai rupiah, ringgit Malaysia hingga yuan Tiongkok yang diduga sebagai jimat.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ardian Satrio Utomo membenarkan penangkapan tersangka.

Saat ini, pihaknya masih melakukan pengembangan kasus dengan memburu pelaku lain yang sudah dikenali ciri-cirinya.

Sebab dilihat dari barang bukti dan cara kerjanya, pelaku tampaknya sudah profesional.

"Kami masih memeriksa tersangka dan mengkelernya untuk menunjukkan beberapa kemungkinan adanya TKP lain," ungkap AKP Ardian. (yua/jay)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ditangkap Warga karena Hobinya Tangkap Burung Orang


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler