Pelayanan Publik di Batam Masih yang Terbaik di Indonesia

Jumat, 30 November 2018 – 16:55 WIB
Mal Pelayanan Publik Batam. Foto: batampos.co.id

jpnn.com, BATAM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafrudin menganugerahi penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Batam, dalam hal penyelenggaran pelayanan publik.

Penghargaan tersebut diterima langsung Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Balai Sarbini, Jakarta, Selasa (27/11).

BACA JUGA: Ekonomi Batam Lesu, Penjualan Properti Tetap Tumbuh

Tidak tanggung-tanggung. Pemerintah pusat menyematkan nilai A Plus terhadap pelayanan publik di Batam. Dimana, Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dikelola Pemko Batam dinilai masih yang terbaik di Indonesia.

"Alhamdulillah, kita mendapatkan nilai A Plus. Dan dengan penghargaan ini, bukan berarti tidak ada lagi yang harus dibenahi. Belum sempurna itu MPP, dan memang harus terus kita benahi," kata Rudi.

BACA JUGA: KPK Rilis Survei Penilaian Integritas, Skor Kepri Hanya 67,5

Wali Kota menuturkan, di MPP masih ada beberapa hal yang harus dibenahi. Dia mencontohkan, kantin yang masih harus terus dilengkapi, termasuk tempat bersantai bagi warga yang mengurus perizinan.

"Hal kecil adalah kantin atau tempat makan. Terlihat sepele tapi itu sangat penting. Dan kita akan terus melakukan penataan," ujarnya.

BACA JUGA: Nakhoda dan 11 ABK Gadungan MV An Kang Diringkus TNI AL

Rudi mengatakan, MPP Kota Batam memang sudah sangat banyak dikunjungi oleh jajaran pemerintah daerah dari luar Batam. Bahkan lembaga dari luar negeri.

"Saya tegaskan lagi, pelayanan harus terus dibenahi dan harus semakin prima. Tidak boleh langsung puas karena mendapat penghargaan. Kita akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Batam, Gustian Riau mengatakan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan di MPP. Termasuk membuat sejumlah fasilitas agar makin lebih nyaman dan aman.

"Memang masih ada beberapa hal yang harus kita benahi. Pelan-pelan akan terus kita tingkatkan, termasuk kantin juga akan kita benahi," imbuhnya.

Menurut Gustian, sebagai MPP terbaik di Indonesia, saat ini MPP Batam dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain konter pelayanan yang representatif dan nyaman, ruang laktasi, perpustakaan, arena bermain anak, charging station (tempat pengisian baterai ponsel), musala, klinik, balai pernikahan, tempat pijat elektronik (refleksi).

Selain itu, ada juga ruang VVIP (Very Very Important Person) untuk investor, layanan mandiri atau peng-input-an perizinan online, ruang rapat dan audio visual, perbankan high speed WIFI, dan fasilitas lainnya. Saat ini, tercata sudah 32 instansi yang membuka stan perizinan di MPP Batam dan hampir semua perizinan sudah online.(ian)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Apindo Dukung Luhut Tolak Industri Plastik Hadir di Batam


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler