Pemda Dinilai Enggan Investasi di Kelautan

Senin, 17 Mei 2010 – 14:50 WIB
JAKARTA - Pihak pemerintah daerah (pemda) pada umumnya, dinilai kurang berperan aktif dalam meningkatkan investasi di sektor kelautanMereka disebut lebih senang berinvestasi di darat

BACA JUGA: Dudhie Diganjar Dua Tahun Penjara

Menurut Nurliah, anggota Komisi IV DPR RI, hal itu sebenarnya sangat disayangkan, sebab kekayaan laut Indonesia sangat banyak dan belum diolah secara maksimal.

"Peran serta kepala daerah harus digenjot
Jangan hanya perhatian ke darat saja, sementara laut tidak

BACA JUGA: Komisi IV Kecewa dengan Kinerja Dekin

Kekayaan laut kita merupakan harta karun yang harus digali
Jangan dibiarkan," ungkap Nurliah, dalam raker dengan Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia (Dekin) Fadel Muhammad, di ruang rapat Komisi IV DPR RI, Senin (17/5).

Nurliah menilai, keengganan kepala daerah menggarap sektor kelautan adalah karena usaha tersebut balik modalnya lama

BACA JUGA: Komisi V Paling Malas Rapat di Gedung Dewan

Lain halnya dengan usaha di darat yang cepat mendapatkan keuntunganKurangnya perhatian kepala daerah ini, turut diakui oleh FadelMenurutnya, (kebanyakan) pemda memang masih memandang sebelah mata pengelolaan sektor kelautan itu.

Kelautan juga menurutnya, dianggap sebagai sektor yang tidak penting dan tak potensial, sehingga pengelolaannya ala kadarnya"Sektor kelautan sampai saat ini masih termarginalkanAkibatnya, kelautan kita kondisinya terus terpuruk," ucapnya.

Oleh karena itu, Fadel mengatakan, pihaknya kini tengah menyiapkan konsep pengembangan sektor kelautan dengan melibatkan peran serta kepala daerah"Pemda harus lebih concern lagiKalau ini digenjot, pendapatan negara kita bisa menyentuh 1.600 triliun," pungkasnya(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Endin Setahun Tiga Bulan, Udju Dua Tahun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler