Pemerintah Jamin Stok Beras Aman

Selasa, 04 Mei 2010 – 14:13 WIB
JAKARTA- Wakil Menteri Pertanian,  Bayu Krisnamurti menjamin stok beras akan aman memasok permintaan pasar hingga akhir tahunUsai mengikuti rapar koordinasi di kantor perekonomian Jakarta, Bayu mengatakan bahwa stok beras saat ini mencapai 1,4 juta ton per 3 Mei 2010 .

"Sekarang sudah 1,4 juta ton

BACA JUGA: HPP Beras Dinaikkan 10 Persen

Sangat cukup, kalau hitungannya 1,4 juta ton itu bisa untuk memenuhi Raskin 6 bulan
Kita minta stok kita tetap pada kisaran 1,5 sampai 1,6 juta ton (dan) tetap harus konsisten," kata Bayu Krisnamurti kepada wartawan, Selasa (4/5).

Sementara mengenai daya serap Bulog yang tidak bisa maksimal menyerap pasokan beras meski di masa panen, dapat dimaklumi oleh Bayu

BACA JUGA: Jambi Bertekad Lanjutkan Proyek PLTA

Karena Bulog sejak awal memang menyepakati maksimal penyerapan sekitar 70 persen.

"Sedangkan sisanya diberikan kepada pasokan dari masyarakat sendiri
Soal harga, kita kan sudah mengurusi beras selama 50 tahun lebih, jadi kalau Bulog sudah menetapkan sekian, pasti semuanya akan berpengaruh," tegas Bayu.

Perihal harga gabah yang berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengalami penurunan, dikatakan Bayu hal tersebut bukanlah masalah

BACA JUGA: NTB Ditarget 30 Mei Bebas Byar Pet

Karena harga rata-rata masih diatas Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

Memang diakui Bayu, terdapat beberapa masalah di dalam harga gabah, seperti masalah mutu yang disebabkan hujan dan ada dibeberapa tempat, harga gabah yang mutunya bagus dan sesuai ketentuan, namun harganya di bawah HPP.

"Itu yang kita cari solusinyaKita sudah minta Bulog mencari solusi yang betul-betul aktifUntuk beras, sampai saat ini penyerapan Bulog sudah 70 persen.Masih ada ruang untuk Bulog meningkatkan dan mengintesifkan pengadaannya," kata Bayu.

Menteri Koordinator bidang perekonomian Hatta Radjasa, menambahkan bahwa untuk beras, pemerintah akan tetap melakukan ekspor beras pada beberapa jenis beras tertentu.

"Memang kita tidak impor tapi kalau ekspor intinya pada beras tertentu karena ada beberapa permintaan negara lain yang kita layaniYang penting motto kita adalah menjaga kebutuhan dalam negeri aman dulu lah," tegas Hatta.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siang ini, KPPU Putuskan Kasus Fuel Surcharge


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler