Pemkab Tangerang Siapkan Anggaran Pengadaan Mobil Listrik

Kamis, 13 Oktober 2022 – 11:36 WIB
Mobil listrik bakal dipakai sebagai kendaraan dinas. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, KABUPATEN TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten bakal menyiapkan anggaran pengadaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas dalam APBD 2023.

Saat ini Pemkab Tangerang sedang menyusun peraturan tentang pengadaan mobil listrik untuk kendaraan dinas di lingkungan pemerintah daerah (pemda0 setempat.

BACA JUGA: Program Mobil Listrik Rawan, Ada Kepentingan Apa?

"Kami akan rumuskan dan laporkan kepada pimpinan supaya pengadaan kendaraan bermotor/mobil listrik ini bisa dihadirkan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Tangerang Moch Maesyal Rasyid, Kamis (13/10).

Dia menyebut persiapan pengadaan mobil listrik itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden atau Inpres Nomor 7 Tahun 2022 yang diterbitkan pemerintahan Presiden Jokowi.

BACA JUGA: Konon Mobil Listrik Lebih Ramah Lingkungan, Ah Masa? Cek Dulu Fakta Ini

Dalam inpres itu diatur bahwa kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemda.

"Sekarang kami sudah mendapatkan surat/inpres itu, Insyaallah, pada tahun 2023 akan kami siapkan anggaran," ujar Rasyid.

BACA JUGA: Pak Jokowi, Keuangan Negara Sedang Tak Baik, Mobil Listrik untuk Pejabat Nanti, ya!

Sembari menyiapkan anggaran pengadaan mobil listrik di APBD 2023, Pemkab Tangerang juga masih melihat ketersediaan kendaraan ramah lingkungan itu.

"Kami juga akan melihat kesiapan, ketersediaan kendaraan listrik itu apa sudah siap pada tahun 2023. Maka, kami akan mengikuti anjuran pemerintah pusat," ucapnya.

Pemkab Tangerang pun berharap penyediaan kendaraan listrik bisa segera tersedia dalam e-katalog agar pemda dapat segera menindaklanjutinya.

"Mudah-mudahan ke depan muncul di e-katalog," kata Rasyid.(antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Irjen Teddy Minahasa Memerangi Judi, Dahlan Iskan Singgung Konsorsium 303 Surabaya


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler