Pencitraan Jokowi Meredup, Elektabilitas Prabowo Naik

Minggu, 08 Juni 2014 – 20:56 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Hasil survei terbitan Fokus Survei Indonesia (FSI) menempatkan elektabilitas pasangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di atas Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Versi FSI, elektabilitas Prabowo-Hatta 45,7% dan Jokowi-JK 45,2%.

"Tingkat elektabilitas Prabowo-Hatta lebih unggul dari Jokowi-Jusuf Kalla. Sedangkan yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 9,1%," kata Direktur Eksekutif FSI, Iswan Abdulah kepada wartawan di Jakarta, Minggu (8/6).

BACA JUGA: Masyarakat Nias Deklarasikan Dukungan untuk Jokowi-JK

Menurut Iswan, tingginya elektabilitas pasangan Prabowo-Hatta disebabkan meningkatnya rasa kepercayaan dari masyarakat. Sedangkan kepercayaan terhadap pasangan Jokowi-Jusuf Kalla lebih menurun karena pencitraannya mulai redup.

Selain itu keunggulan Prabowo-Hatta dipicu banyaknya dukungan yang diberikan secara sukarela oleh berbagai elemen masyarakat.

BACA JUGA: Hatta Kantongi Dukungan Alumni ITB

"Hal ini terbukti dari banyaknya deklarasi tim sukses Prabowo-Hatta dari berbagai kalangan. Selain itu, Prabowo-Hatta juga dinilai memiliki modal dasar yang lebih baik," papar Iswan.

Lanjut Iswan, hasil survei lembaganya juga menunjukkan bahwa masyarakat menginginkan pemimpin yang memiliki kepemimpinan kuat dan ketegasan. Disusul kriteria jujur dan berintegritas, menjamin rasa aman, berkharisma dan berwibawa serta pintar dan bekerja keras.

BACA JUGA: Kopel Bertekad Menangkan Jokowi-JK

"Dalam penelitian yang kami lakukan terdapat masyarakat ingin pemimpin yang tegas sebesar 28 persen, jujur dan berintegritas 17,5 persen, menjamin rasa aman 12,5 persen, berkharisma dan berwibawa 11,6 persen, pintar dan bekerja keras 10,4 persen, dan sisanya terbagi dalam kategori lainnya," ungkapnya.

Penelitian FSI menggunakan pendekatan deskriptif dan wawancara tatap muka langsung dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling. Survei dilakukan pada 20 - 30 Mei 2014 dengan responden sebanyak 3.256 orang yang berasal dari kabupaten/kota seluruh Indonesia. Survei FSI memiliki margin of error sebesar 1,67 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.(dil/jpnn)

 

Berikut hasil survei elektabilitas Calon Presiden Prabowo Subianto dengan Joko Widodo:

1. Menjamin rasa aman : Prabowo 56% Jokowi 38%, tidak tahu 6%
2. Mempersatukan bangsa : Prabowo 60%, Jokowi 33%, tidak tahu 7%
3. Berkharisma dan berwibawa :Prabowo 58%, Jokowi 34%, tidak tahu 8%
4. Berani menegakkan keadilan : Prabowo 59%, Jokowi 35%, tidak tahu 6%
5. Empati dan berjiwa sosial : Prabowo 50%, Jokowi 42%, tidak tahu 8%
6. Strong Leadership dan tegas : Prabowo 69% Jokowi 25%, tidak tahu 6%
7. Jujur dan berintegritas : Prabowo 68%, Jokowi 24 %, tidak tahu 8%
8. Pintar dan bekerja keras : Prabowo 52%, Jokowi 41%, tidak tahu 7%

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Okke Ajak Kaum Perempuan Pilih Prabowo-Hatta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler