Pendukung Atut Mendominasi Kampanye Damai

Jumat, 07 Oktober 2011 – 04:08 WIB

SERANG - Pertarungan tidak seimbang sudah terlihat sejak kampanye damai yang berlangsung Kamis (6/10) di Stadion Maulana Yusuf, SerangJumlah pendukung Ratu Atut Chosiyah-Rano Karno yang mengikuti kampanye tersebut jauh lebih banyak dibandingkan pendukung kedua pasangan lainnya, Wahidin Halim-Irna Nuralita dan Jazuli Juwaini-Makmun Muzaki.

Ribuan pendukung Ratu Atut-Rano Karno tidak saja mendominasi Stadion Maulana Yusuf yang menjadi tempat diawalinya rangkaian kampanye damai, tetapi juga memenuhi sepanjang jalan protokol kota Serang

BACA JUGA: Anak Buah SBY Wacanakan Amandemen UUD

Mulai dari Jl
Jend

BACA JUGA: Berani Lawan DPR, KPK Dianggap Takut Tangkap Boediono

Sudirman, Jl
Jend

BACA JUGA: Karakter, Modal Dasar Untuk Bangun Bangsa

AYani, hingga ke Jalan VeteranDi beberapa bagian tepi jalan, para pendukung menampilkan musik tradisional sehingga membuat suasana lebih meriah.

Rangkaian kampanye damai diawali dengan pembacaan naskah deklarasi oleh ketiga calon pasanganNaskah berbunyi, pertama, siap melaksanakan kampanye secara damai, santun dan bermartabat sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku; kedua, saling menghormati sesama pasangan Calon Gubernur dan wakil Gubernur Banten; ketiga, memberikan pendidikan demokrasi dan politik yang baik kepada masyarakat Banten.

Sebelumnya, Plt Ketua KPU Pusat Samsul Bahri, dalam sambutannya mengharapkan ketiga pasangan kandidat untuk berkompetisi secara sportif dengan mematuhi aturan main dan perundang-undangan yang berlaku”Kepada masyarakat Banten saya harapkan berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 22 Oktober nanti untuk menggunakan hak suaranyaSemoga Pilgub Banten berjalan tertib, aman dan sukses,” katanya.

Samsul Bahri didampingi Kapolda Kapolda Banten Brigjen Eko Putu Bayu Seno dan sejumlah anggota dewan, melepas secara resmi iring-iringan kendaraan peserta kampanye, yang diawali oleh pasangan nomor urutan 1 HjRatu Atut Chosiyah - HRano KarnoLalu dilanjutkan dengan rangkaian peserta nomor 2 Wahidin Halim - Irna Narulita dan terakhir Jazuli Juawini - Makmun Muzaki.

Penampilan pasangan Ratu Atut - Rano Karno terlihat berbeda dan lebih unik dibandingkan kedua pasangan kandidat lainnyaMereka menggunakan mobil oplet Si Doel, lengkap dengan kernetnya Suti Karno yang berperan sebagai Atun dalam sinetron kondang "Si Doel Anak Sekolahan"Ratu Atut yang mengenakan gaun panjang berwarna putih, mengeluarkan dan melambai-lambaikan tangannya kepada pendukungnya yang menyambutnya di sepanjang tepi jalan.

Teriakan mengelu-elukan nama Atut dan Rano terdengar di sepanjang ruas jalan protokol kota SerangApalagi diiringi tabuhan gendang, membuat suara pendukung kedua kandidat pasangan lainnya yang kalah banyak, nyaris tenggelamMereka tampak kalah suara ketika rombongan kampanye Wahidin-Irna dan Jazuli-Makmun melintas.

Setelah melintasi jalan protokol, rombongan melintasi sepanjang JlKHSam'un, Lontar, JlLetnan Jidun, lalu mengitari Kota Serang dan selanjutnya berakhir kembali di Stadion Maulana YusufSepanjang perjalanan, rombongan Ratu Atut-Rano Karno menyebarkan ribuan kaos kepada masyarakat yang memenuhi tepi jalan.

Kaum perempuan tampak mendominasi di beberapa bagian tepi jalan sambil meneriakkan, "Hidup Atut, nomor satu..hidup Atut, nomor satu..hidup Atut, nomor satu." NyAminah, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di JlAhmad Khotib menyatakan, bahwa dirinya pendukung setia Ratu Atut"Saya rela sampai tidak masak hari ini agar bisa ikut kampanye di pinggir jalan," ujarnya.

Antusias pendukung Ratu Atut-Rano Karno memang bagai memancar di seantero kota Serang, terutama di sepanjang tepi jalan yang dilalui iring-iringan mobil kampanye damaiRatu Atut di sisi kanan dan Rano Karno di sisi kiri, terus mengacungkan jari telunjukkan dan melambai-lambaikan tangannya kepada para pendukungBahkan, beberapa di antaranya menghampiri lalu menyalami Ratu Atut.

"Terima kasih yaa...terima kasih...jangan lupa nanti coblos nomor satu," ujar Ratu Atut, kepada seorang pendukung saat menyalaminya di tepi jalan"Siap Bu!" sahut pria setengah baya yang mengaku sengaja datang dari Taktakan.

Pasangan Ratu Atut-Rano Karno akan mengawali kampanye terbukanya pada 9 Oktober 2011, dengan mengambil lokasi di Kabupaten PandeglangSelanjutnya, mereka akan mendapat giliran kampanye di daerah lainnya pada 12, 15 dan terakhir 18 Oktober 2011(bs)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Soal Reshuffle, Golkar Minta Jaminan SBY


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler