Pengadilan Agama Janji Tak Ada Pungli

Sabtu, 17 November 2018 – 12:17 WIB
Ilustrasi palu hakim.

jpnn.com, SIDOARJO - Pengadilan Agama (PA) Sidoarjo menjamin tidak ada pungutan liar dan korupsi. Sebagai wujud nyata, kemarin (16/11) lembaga yudikatif di Sekardangan itu mencanangkan zona integritas.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin hadir dalam acara tersebut. Juga jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda). Kegiatan itu bertujuan mewujudkan PA menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) sekaligus wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

BACA JUGA: Guru Harus Setor agar Bisa Naik Pangkat? Parah

Ketua PA Sidoarjo M. Jumhari menjamin masyarakat memperoleh pelayanan dari petugas berintegritas tinggi.

''Tidak korupsi. Pencanangan ini merupakan bentuk transparansi pengadilan," ujarnya.

BACA JUGA: Terbukti Pungli, Pejabat Padangsidimpuan Divonis 1 Tahun Bui

Pada kesempatan itu, Jumhari juga mengungkapkan kondisi PA yang tidak ideal. Yakni, pengadilan tipe kelas I-A dengan gedung yang terbatas atau tidak luas.

Saat ini pihak PA berupaya memperluas gedung dan berencana menambah bangunan dengan tanah di sebelah kiri PA. Namun, sampai saat ini rencana itu belum terlaksana.

BACA JUGA: Akui Ada Kenakalan Layanan Uji Kir

Menanggapi soal itu, Bupati Saiful Ilah menyatakan akan mencari solusi dan berupaya membantu dengan menginventarisasi keperluan pihak pengadilan. Dia sependapat bahwa gedung pengadilan perlu diperluas.

''Koyok-koyok gak pantes (sepertinya tidak pantas),'' ujar orang nomor satu di Pemkab Sidoarjo tersebut.

Terkait dengan pencanangan zona integritas, Saiful berharap PA makin tepercaya. ''Menjadikan PA lebih maju dan baik lagi,'' tuturnya. Dengan begitu, warga mendapat pelayanan optimal dan memuaskan. (may/c14/ai/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tarif Resmi Uji Kir Rp 87 Ribu tapi Bisa Habis Rp 800 Ribu


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler