Pengadu Dugaan Pelanggaran Pilpres ke DKPP Bertambah

Senin, 11 Agustus 2014 – 10:53 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Jumlah pengadu dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu presiden 2014 yang disidangkan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), bertambah menjadi 14 pengaduan.

Jika dalam sidang perdana, Jumat (9/8) lalu, Ketua Majelis Sidang Jimly Asshiddiqie menyebut ada 11 pengaduan, maka dalam rilis yang diterima Senin (11/8) terdapat 14 pengaduan yang dinilai memenuhi syarat untuk disidangkan.

BACA JUGA: Mendekati Pensiun, Anggota DPRD Masih Perjuangkan Honorer K2

Tambahan 3 perkara, terjadi setelah adanya pengaduan yang dilayangkan Bawaslu Kabupaten Dogiyai, Papua, dengan teradu Komisioner KPU Dogiyai.

Kemudian pengaduan anggota Panwaslu Kabupaten Halmahera Timur, dengan teradu Ketua dan anggota KPU Halmahera Timur, serta pengaduan Ketua dan anggota Panwaslu Kota Surabaya dengan teradu seluruh Komisioner KPU Kota Surabaya.

BACA JUGA: Tim KPU Adukan Ancaman dari Kubu Prabowo-Hatta ke Hakim MK

Delapan pengaduan sebelumnya dilayangkan Tim Advokasi Independen Untuk Informasi dan Keterbukaan Publik, terhadap Ketua Bawaslu Muhammad.

Pengaduan Tonin Tachta Singarimbun dan Eggi Sudjana dari Tim Aliansi Advokat Merah Putih, dengan teradu seluruh Komisioner KPU RI dan Bawaslu RI.

BACA JUGA: Polisikan Ketua Gerindra, Husni: Ini Sebagai Bentuk Edukasi

Tim Advokasi Merah Putih kembali mengadukan Ketua dan anggota Bawaslu RI. Lalu Sahroni dari Kuasa Hukum Pembela Merah Putih mengadukan seluruh Komisioner KPU RI.

Pengaduan lainnya dilakukan Rizaldi dan Yusuf DJ Hasani dengan teradu Komisioner KPU RI dan Bawaslu. Lalu pengaduan yang dilayangkan Kuasa Hukum calon presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dengan teradu Ketua KPU RI.

Ahmad Sulhy dari Tim Pemenangan pasangan Prabowo-Hatta DKI Jakarta, mengadukan Ketua KPU DKI, Ketua KPU Jakarta Utara, Ketua KPU Jakarta Pusat dan Ketua KPU Jakarta Timur.

Selain itu pengaduan juga dilayangkan Gerakan Rakyat Indonesia Baru, dengan teradu Ketua dan anggota KPU Jawa Timur. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Komisioner KPU Surabaya Siap Beberkan Data di MK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler