Munirul Ilyas yang berasal dari Pekanbaru, Riau, sudah delapan tahun menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar di ibu kota Mesir, Kairo.

Itu berarti pria yang berusia 28 tahun ini sudah beberapa kali menjalankan puasa dan Lebaran di sana.

BACA JUGA: Mahasiswa Rusia Mengaku Alami Diskriminasi di Australia, Ditolak Saat Mendaftar Kuliah

Mesir memiliki populasi 109 juta jiwa, sekitar 85 persen di antaranya adalah memeluk agama Islam, dan lainnya beragama Kristen.

Meski banyak persamaan antara Indonesia dan Mesir, Ilyas melihat beberapa perbedaan.

BACA JUGA: 5 Kebiasaan Buruk Ini Jangan Anda Lakukan Saat Puasa, Bikin Kesehatan Terganggu

"Suasana Ramadan di Mesir sangat meriah, bahkan beberapa hari sebelum Ramadan saja masyarakat Mesir sudah menyambutnya dengan memasang hiasan-hiasan di komplek perumahan, jalan-jalan, di dalam rumah atau pun di toko-toko dan mal," kata mahasiswa S2 tersebut.

Namun yang agak membedakan menurutnya adalah banyak tempat buka puasa gratis di sana.

BACA JUGA: Airnya kotor dan bau: Warga Kota di Australia Ini Harus Beli Air Kemasan karena Kualitas Air Tanah yang Buruk

"Mereka membuat tenda-tenda di tepi jalan, di komplek masjid, atau membagi-bagikan berkeliling, dengan kendaraan mereka, makanan berbuka puasa."

Ilyas mengatakan hidangannya pun lengkap, mulai dari minuman, kurma, hingga makanan utama seperti nasi kufta lengkap dengan khudor atau sayur.

Buka puasa gratis itu dalam istilah setempat disebut "maidaturrahman', yang artinya menu berbuka dari Tuhan.Puasa 21 jam di Norwegia

Berbeda dengan Ilyas, Retno Hartanti Tomstad yang berasal dari Cilacap, Jawa Tengah, telah menetap di Kristiansand, sebuah kota di bagian selatan Norwegia yang berpenduduk sekitar 110 ribu orang sejak menikah dengan pria Norwegia pada tahun 1999.

Retno mengatakan ia memperkenalkan biudaya Indonesia kepada anak-anak dan suaminya.

"Saya mengenalkan ke mereka tradisi dan kultur-kultur dan peradaban manusia terutama dari Indonesia, tapi saya tidak mengajarkan tentang ketuhanan."

Meski demikian, Retno yang dibesarkan dalam keluarga Muslim di Indonesia, masih menjalankan puasa dengan teratur walau anak-anak dan suaminya bukan muslim.

Menurut Retno, pengalaman puasa terberatnya di Norwegia adalah saat Ramadan jatuh di musim panas sehingga ia harus berpuasa selama 21 jam.

"Tapi saya kebiasaan ikut fatwa yang ada dengan mengikuti jam dari kota Mekah dan Medinah untuk berpuasa."

Norwegia yang merupakan salah satu negara Skandinavia di Eropa berpenduduk 5 juta jiwa, dengan 68 persen di antaranya pemeluk Kristen dan 25 persen mengaku tidak beragama.Suasana Ramadan tidak terasa di Cile

Di belahan dunia lainnya yaitu di Amerika Selatan di Cile, Farrah Zilza asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sudah tinggal di ibu kota Santiago selama lebih dari setahun terakhir.

Farrah menikah dengan pria asal Cile, Gonzalo Barros, dan kini tinggal bersama keluarga suaminya sementara Gonzalo bekerja di Selandia Baru.

Dengan penduduk hampir 20 juta jiwa, 42 persen penduduk Cile adalah penganut Katolik dan 14 persen beragama Kristen Protestan.

Sejak tiba di Cile, Farrah sudah mengalami dua kali Ramadan dan sekali Idul Fitri yang dirayakan bersama suaminya yang seorang mualaf.

Menurut Farrah, yang perbedaan Cile dan Indonesia selama Ramadan adalah suasananya, seperti tidak adanya buka puasa bersama, tarawih, dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya.

"Namun saya tinggal di rumah mertua banyak mendapat dukungan dari mereka yang sering mengingatkan adanya makanan di kulkas untuk sahur," kata Farrah.

"Mereka juga sangat antusias dengan kegiatan agama saya, karena selama ini mereka tidak pernah bersinggungan dengan orang Muslim, mereka hanya tahu Islam dari pemberitaan di televisi."

Sepengetahuannya, ada sekitar 200 orang asal Indonesia yang tinggal di Cile, sementara jumlah warga muslim secara keseluruhan sekitar dua ribu orang.Ramadan pertama di Meksiko

Sementara itu di kota Toluca, sekitar 63 km dari ibu kota Meksiko City, Selvi Pertiwi yang berasal dari Solo, Jawa Tengah, untuk pertama kalinya melewati Ramadan.

Meksiko dengan populasi 130 juta jiwa, 74 persen penduduknya menganut Katolik.

Selvi  pindah ke Meksiko setelah menikah dengan Carlos Zavala, yang ditemuinya lewat media sosial Instagram dan menikah online karena pandemi.

"Sekarang saya sedang hamil sehingga tidak puasa, namun setiap hari saya menemani dan mempersiapkan makanan untuk suami saya yang puasa penuh," katanya.

Walau sangat berbeda dengan Indonesia, menurut Selvi, selama Ramadan ini dia masih bisa merasakan sedikit suasana keislaman di sana karena adanya komunitas mualaf di kota tersebut.

"Di sini ada beberapa warga Meksiko yang masuk Islam juga ada warga islam lain dari Mesir, Pakistan, Suriah, Aljazair," kata Selvi yang baru saja lulus jadi sarjana akuntansi di Indonesia sebelum pindah.

"Minggu kemarin kami buka puasa bersama sekitar 30 orang yang hadir."Rindu tradisi Indonesia menjelang Lebaran

Retno mengatakan di bulan Ramadan, khususnya di masa-masa menjelang Lebaran seperti sekarang, dia merindukan berbagai tradisi yang dulu ia jalani di Indonesia.

"Saya kangen tradisi nyadran di Jawa untuk menyambut puasa, taraweh di masjid, malam Lailatul Qadar dan malam takbiran sebelum lebaran."

"Saya kangen membuat ketupat lebaran bersama ibu dan saudara-saudara yang lain dan ibu yang merebus ketupat tersebut sampai tanak dan digantung-gantungkan sebelumnya," kata perempuan yang sudah lebih dari 34 tahun tinggal di luar negeri ini.

Senada dengan Retno, Farrah juga merindukan tradisi di Indonesia saat Lebaran, misalnya ketika orang-orang yang lebih tua memberi amplop berisi uang untuk anak-anak seusai salat Ied yang tidak ditemukannya di Cile.

"Tentu [di sini] juga tidak ada budaya sowan ke keluarga, sungkem juga, jadi setelah pulang dari masjid ya masing-masing menjalankan kegiatan seperti biasa," katanya.

Sementara itu menurut Ilyas, karena saat ini ada sekitar delapan ribu mahasiswa asal Indonesia yang di berbagai universitas di Mesir, dia tidak merasa terlalu kesepian walau jauh dari Indonesia.

Ilyas  mengatakan sebelum COVID, salat Iedul Fitri dilanjutkan halal bihalal dengan hidangan khas nusantara biasanya dilangsungkan di Kedutaan Indonesia.

"Namun setelah COVID kami melakukan salat di masjid-masjid besar di Kairo bersama keluarga dan teman-teman dekat setelah itu berfoto bersama," pungkas Ilyas yang sambil kuliah juga menjadi guru di sekolah Indonesia di Mesir.

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hidung Sapi seperti Sidik Jari Manusia: Teknologi AI Bisa Dipakai untuk Atasi Pencurian Ternak

Berita Terkait