Pengalihan Negara Tujuan TKI Dianggap Bukan Solusi

Rabu, 03 Agustus 2011 – 21:12 WIB

JAKARTA — Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka, menolak rencana pemerintah untuk mengirim tenaga kerja Indonesia (TKI) yang gagal ke Arab Saudi untuk dialihkan ke MalaysiaSebab, rencana pemerintah itu bukanlah suatu solusi terbaik untuk membereskan masalah TKI di luar negeri.

Menurut Rieke, pemerintah tidak memiliki tujuan jelas dengan rencana pengalihan pengiriman TKI itu

BACA JUGA: Didesak Rosa, DGI Keluarkan Dana untuk Sesmenpora

Sebab pada saat moratorium pengiriman TKI ke Arab Saudi beberapa waktu lalu, terdapat 28 ribu TKI yang terjerat mafia perdagangan manusia
Sementara di Malaysia, saat ini terdapat 7.000 TKI yang mendekam di penjara dan 177 di antaranya terancam hukuman mati

BACA JUGA: Fahmi: Saya Sudah Klarifikasi ke Jamwas



“TKI itu bukan barang yang bisa seenaknya dipindah ke sana kemari
Jika pemerintah ingin memaksakan rencana itu, justru sama saja menyusahkan para TKI,” ungkap Rieke di Jakarta, Rabu (3/8).

Dijelaskannya, para TKI yang awalnya dipersiapkan untuk dikirim ke Arab Saudi tentunya sudah melalui proses pelatihan

BACA JUGA: Jabatan Tinggal Sebentar, Mahfud Enggan Komentar

Namun jika dialihkan ke Malaysia, lanjut Rieke, maka para TKI tersebut harus menyesuaikan kembali“TKI itu tenaga profesional dan dilatih dengan standar operasional sesuai dengan aturan dan budaya negara penempatan yang akan dituju,” tegasnya.

Lebih jauh Rieke menambahkan, pengalihan TKI ke Malaysia harus dipertimbangkan lagiSalah satunya, karena belum adanya kebijakan-kebijakan mengenai perlindungan buruh migrant yang berlaku di MalaysiaSelain itu, belum lama ini Malaysia juga telah melakukan pemutihan TKI illegal.

“Saat ini semua tahu bahwa Malaysia belum punya undang-undang perlindungan buruh migrantJadi dasar hukum  pemerintah Indonesia untuk melakukan pengalihan TKI itu dari mana?,” ucapnya.

Oleh karena itu, Rieke mendesak pemerintah terutama Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) untuk mencari solusi alternatif bagi gagalnya pengiriman TKI ke Arab SaudiMenurutnya, bisa saja saat ini pemerintah memperluas lapangan pekerjaan di dalam negeri sehingga bisa menampung para TKI yang gagal berangkat ke luar negeri.(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Semestinya DPR dan Pemerintah Ada di MKH


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler