Pengusulan Darmin akan Dibahas di Setgab

Rabu, 02 Juni 2010 – 21:36 WIB
JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Demokrat (FPD) yang juga Wakil Ketua Komisi XI DPR, Achsanul Qosasi, menyatakan mendukung Darmin Nasution selaku Gubernur Bank IndonesiaMenurutnya, surat permohonan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengajukan Darmin, akan segera dikomunikasikan di Sekretariat Gabungan (Setgab), agar partai koalisi juga memberikan dukungan.

"Ya, kita dukung dan kawal

BACA JUGA: KLH Putuskan Undur Pengumuman Adipura

Setgab juga kita komunikasikan
Mudah-mudahan berjalan mulus, dan dapat dipahami dan dimengerti oleh teman-teman anggota Komisi XI," kata Achsanul, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6).

Terkait dengan adanya koordinasi dengan fraksi-fraksi di DPR soal pengajuan nama Darmin tersebut, menurut Achsanul, itu belum dilakukan

BACA JUGA: SBY Dinilai Tak Punya Komitmen Berantas Korupsi

Namun di Setgab sendiri katanya, sudah dikomunikasikan walaupun masih secara informal
"Sudah

BACA JUGA: Perokok Usia 10-14 Dideteksi 400 Ribu Jiwa Lebih

Kita diskusi informal saja dengan kawan-kawan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) Romahurmuzy mengatakan, pihaknya menyambut baik pengajuan nama Darmin oleh PresidenHanya saja katanya, belum ada keputusan final untuk memberi dukungan dari fraksinyaLegislator yang akrab disapa Romi itu mengatakan, pada prinsipnya sosok Darmin sudah memenuhi tiga kriteria yang ditetapkan selaku Gubernur BI.

Kriteria itu, yang pertama kata Romi pula, adalah memiliki pengetahuan baik tentang moneter maupun fiskal, serta ditambah lagi dengan dukungan pengetahuan akademikKedua, mampu beradaptasi, karena sudah menjadi Deputi Gubernur Senior (DGS) BI, dengan suasana kerjanya"Tentu ini modal dasar untuk menjadi lebih kompak bersama dengan deputi lainnya," katanya.

Yang ketiga, urai Romi lagi, adalah meskipun tidak menjadi Gubernur BI, namun selaku DGS BI Darmin dinilai tidak memunculkan adanya gejolak yang berarti terhadap pasar keuangan dan bursaSementara hal lain yang melekat pada diri Darmin, kata Romi, adalah hubungannya dengan parlemen yang selama ini berjalan cukup baik.

"Modal karakter dan sifat yang melekat ini, lebih mudah mendapat dukunganTapi secara fraksi belum disampaikan, karena belum ada rapat fraksi," katanya.

Hanya saja, kata Romi pula, kelemahan yang dimiliki Darmin juga bisa terlihat, terutama saat ia menjabat Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) tahun 2005Di mana saat itu Darmin menjadi orang yang ngotot memunculkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)Makanya, jika menjabat sebagai Gubernur BI, bisa saja Bapepam-LK akan dirubah menjadi OJK, meskipun beberapa negara yang membentuk OJK seperti Jerman telah mengeluh dan ingin kembali kepada bank sentralnya(awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapal Ilegal Asing Disita, Nelayannya Dipulangkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler