Pesawat Carter Jatuh di Arktik, 12 Tewas

Senin, 22 Agustus 2011 – 12:16 WIB
RESOLUTE BAY - Sebuah pesawat carter jenis Boeing 737 jatuh ketika berupaya mendekati sebuah bandara di wilayah Arktik, Kanada, Sabtu siang (20/8) waktu setempat atau kemarin dini hari WIB (21/8)Sedikitnya 12 orang tewas dan tiga lainnya terluka dalam insiden tersebut.

Polisi Gunung Kanada (RCMP) mengungkapkan bahwa pesawat tersebut jatuh di sebuah desa kecil di Resolute Bay, wilayah Nunavut, Arktik, utara Kanada

BACA JUGA: Roket Hamas Hujani Israel, Jalur Gaza Memanas

Pesawat sewa tersebut terbang dari Yellowknife di Northwest Territories, Kanada, menuju Resolute Bay dan kemudian dijadwalkan melanjutkan ke Grise Fiord, Pulau Ellesmere.

Juru bicara RCMP Angelique Dignard menyebut bahwa saat itu pesawat mengangkut 15 orang, termasuk empat kru
Pihaknya tidak mengetahui kondisi terakhir tiga orang yang selamat.

Dalam rilisnya, First Air selaku operator atau maskapai penerbangan pesawat tersebut menyatakan bahwa Boeing 737 itu melakukan komunikasi terakhir sekitar pukul 12.40 waktu setempat (sekitar pukul 00.40 WIB kemarin) ketika terbang sekitar delapan km dari Bandara Resolute Bay.

Lokasi jatuhnya pesawat berada sekitar dua km sebelah barat Resolute Bay

BACA JUGA: Kadhafi Kabur ke Tunisia

"Medannya sangat sulit dan tidak rata sehingga tidak dapat diakses dengan semua jenis kendaraan darat," terang Dignard.

Sejumlah saksi mengatakan, pesawat jatuh di bukit kecil dekat landasan pacu bandara
Warga ramai-ramai menuju lokasi dengan kendaraan ATV untuk memastikan apakah mereka bisa membantu proses evakuasi

BACA JUGA: Celaka, Pesawat Akrobatik Inggris Stop Terbang

"Puing-puing pesawat berserakan atau tersebar dimana-manaMulai ekor, hidung, dan bagian-bagian lain," terang Saroomie Manik, mantan wali kota Resolute Bay yang datang ke lokasi.

Aziz Kheraj, pemilik penginapan South Camp di Reolute Bay, menuturkan kepada Associated Press lewat telepon bahwa dua orang cucu perempuannya termasuk penumpang pesawat nahas ituNamun, hanya seorang yang selamatDia diterbangkan menuju rumah sakit di Iqaluit, ibu kota Nunavut.

Lewat situsnya, First Air menyatakan bahwa pihaknya melayani penerbangan wisata dan kargo ke wilayah utara di Arktik, KanadaMaskapai itu menghubungkan 30 wilayah di Arktik dengan beberapa kota besar di KanadaResolute Bay adalah perairan di Arktik yang terletak di NunavutPopulasinya hanya sekitar 230 orang, dan sebagian besar adalah penduduk asli atau orang-orang Inuit(AP/cak/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapal Induk Disulap Jadi Hotel Mewah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler