Plt Gubernur Sudah Akui Salah

Selasa, 15 November 2011 – 09:05 WIB

JAKARTA -- Pihak Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) membantah telah bersikap 'damai' dengan plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, terkait kebijakan mutasi di lingkungan Pemprov Sumut yang hingga kini masih bermasalah.

Hanya saja, diakui pihak kementrian yang dipimpin Gamawan Fauzi itu mulai melunakMengapa? Juru Bicara Kemendagri, Reydonyzar Moenek mengatakan, Gatot sudah menyatakan kesiapannya mengevaluasi kebijakan yang telah diambilnya.

"Plt Gubernur Sumut sudah berjanji untuk melakukan penataan kembali dan itu yang masih ditunggu kemendagri," ujar Reydonnyzar Moenek kepada wartawan di kantornya, kemarin (14/11).

Reydonnyzar menjelaskan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Diah Anggraeni, telah memberikan arahan kepada Gatot dan Sekdaprov Sumut Nurdin Lubis soal masalah ini

BACA JUGA: Nikahi Istri Orang, Anggota Dewan Dipolisikan

"Sudah ada arahan baik secara tertulis maupun lisan, disampaikan langsung Sekjen Kemendagri kepada plt gubernur Sumut dan Sekdaprov Sumut untuk meninjau kembali atau penataan kembali," papar Donny, panggilan akrab Reydonnyzar.

Menurut Donny, saat ini Gatot sedang melakukan proses penataan kembali dimaksud dan jika sudah selesai, akan langsung dikonsultasikan ke Mendagri Gamawan Fauzi.

Ditegaskan, Gamawan sudah sangat gerah melihat fenomena mutasi ngawur yang dilakukan pj kepala daerah ataupun kepala daerah definitif, yang menyalahi aturan.  Untuk kasus Kota Pekanbaru, lanjutnya, malah penataan kembali sudah dilakukan oleh Pj Walikota Pekanbaru, Syamsurizal, dengan melantik 45 pejabat yang diturunkan eselon jabatannya ke eselon yang sama, pada 25 Oktober 2011.

"Termasuk empat pejabat yang dinonjobkan," kata Donny
Mereka yang dilantik lagi itu para camat, sekcam, dan lurah.

Sementara, untuk Kabupaten Lampung Timur,  Gamawan mengeluarkan peringatan keras agar Plt Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin, membatalkan pencopotan lima pejabat eselon II dan mengangkat delapan orang menjadi pejabat eselon II

BACA JUGA: Polisi Tangkap Seorang Penyerang

"Jadi ada 13, lima eselon II yang dicopot dijadikan staf setda di sana," kata Donny.

Ditegaskan, jika kebijakan itu tak segera dievaluasi, maka Gamawan yang akan membatalkannya
Bahkan, jika masih bandel, jabatan Plt bupati Lampung Timur yang akan dievaluasi

BACA JUGA: Usai Hajatan, Satu Kampung Keracunan

"Kalau masih bandel, Plt-nya kita copot," tegas Donny.

Sebelum mengeluarkan peringatan, Gamawan mengirim tim Inspektorat Khusus ke Lampung TimurUntuk kasus yang sama, tim khusus ini juga akan dikirim ke Kabupaten Kuantansingingi, Riau, hari ini.

Di Kuantansingingi ini, bupatinya sudah definitifNamun, dia mengambil kebijakan mutasi yang hanya menguntungkan kroni-kroninya saja.  "Dugaan sementara, yang dipromosikan orang-orang dari tim suksesnya (saat pilkada, red)," ujar Donny.

Dijanjikan Donny, Gamawan juga akan bersikap tegas untuk kasus mutasi ngawur di Parepare dan Kota Bekasi(sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mutasi Ngawur, Plt Bupati Terancam Dicopot


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler