Polri Minta Bank Ganti Uang Nasabah

Rabu, 20 Januari 2010 – 15:48 WIB
BANTEN - Laporan berkurangnya tabungan sejumlah nasabah beberapa bank swasta nasional menjadi perhatian serius Mabes PolriKabareskrim Mabes Polri Komjen (Pol) Ito Sumardi menegaskan, pihak bank harus segera membenahi permasalahan ini, agar tak mengurangi kepercayaan nasabah terhadap perbankan nasional.

"Kita himbau kepada bank untuk mengecek setiap ATM, dan memberi tahu kepada nasabah barangkali ada pengurangan simpanannya," ujarnya, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (20/1).

Selain itu, Kabareskrim juga meminta agar pihak bank mengganti uang nasabah yang hilang itu

BACA JUGA: Ketua DPR : Pembenahan Hukum Perlu Komitmen Kuat

"Kalau uangnya hilang, ya, harus diganti
Karena itu kan bentuk dari resiko

BACA JUGA: KPK Tak Terpengaruh Pernyataan SBY

Karena itu (merupakan) resiko dari sistem keamanan yang dibangun oleh bank tersebut," tambahnya.

Dikatakan Ito, saat ini dari laporan yang diterima Polri, ada sekitar 12 kasus
Laporan tersebut antara lain dari nasabah BNI, BCA dan Bank Permata

BACA JUGA: Mendagri Tak Ingin Terlibat Soal Fee BPD

Sementara kasus terbanyak tercatat terjadi di Pulau BaliNamun demikian, Kabareskrim meyakini, tak tertutup kemungkinan kasus ini terjadi juga di daerah lainnya.

"Sementara yang baru kita terima, laporan 12 nasabahTapi tidak menutup kemungkinan pihak lain juga ada, dan ini akan kita data," tambahnya.

Sehubungan dengan itu, kata Ito lagi, pihak bank juga diminta untuk segera melakukan audit manajemen sistem keamanannya"Bersama dengan pihak bank, kita akan melakukan manajemen audit sistem keamanan dari ATM iniKan harus kita audit, kenapa ini bisa terjadi," tuturnya lagi.

Sebagai gambaran, seperti yang dilaporkan terjadi di Bali misalnya, sejumlah nasabah yang melakukan transaksi melalui ATM ternyata mengeluh tabungannya berkurangPadahal, mereka tak melakukan penarikan uangHingga saat ini, polisi masih menduga bahwa modus yang digunakan para pelaku adalah dengan memanfaatkan kelemahan sistem keamanan perbankan lembaga keuangan itu(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPR: Fasilitas Mewah di Rutan Jangan Terulang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler