Portugal Ingin Bajak Fernando

Sabtu, 22 Februari 2014 – 02:20 WIB
Fernando Francisco Reges. Foto: europacalcio.it

jpnn.com - LISBON - Portugal punya tradisi suka menaturalisasi pemain asal Brasil. Sebut saja Deco (2003-2010), Liedson (2009-2010), dan Pepe yang telah membela Selecao das Quinas -sebutan Portugal- tujuh tahun terakhir.

Daftar itu bisa bertambah dengan nama Fernando Francisco Reges atau yang lebih familier dengan Fernando. Dia adalah gelandang bertahan berusia 26 tahun yang bermain untuk klub raksasa Portugal, FC Porto.

BACA JUGA: Demichelis Akui Salah Jegal Messi

Portugal memproyeksikan Fernando sebagai pemain baru mereka dengan mengacu pada pemberitaan surat kabar Portugal, A Bola, kemarin. A Bola menulis bahwa pelatih Portugal Paulo Bento telah memasukkan nama Fernando dalam 35 pemain yang dipersiapkan dalam friendly game kontra Kamerun di Leiria pada 5 Maret nanti.

Bento memiliki pertimbangan tersendiri untuk melirik Fernando. Dari performanya, pemain kelahiran Alto Paraiso (negara bagian Goias) itu terus meroket bersama Porto sejak bergabung dari klub Brasil Vila Nova tujuh tahun silam.

BACA JUGA: Alize Cornet Gagalkan All Williams Final

Fernando bahkan mulai diburu beberapa klub raksasa Eropa, seperti Manchester City, Real Madrid, Liverpool, sampai Chelsea. Tapi, pada 8 Februari lalu Fernando memutuskan memperpanjang kontrak bersama Porto sampai 2017.

Fernando juga bukan hanya pemburu bola yang bagus. Statistik tekling suksesnya musim ini mencapai 91 persen. Selain itu, dia pengumpan yang baik.

BACA JUGA: Tekuk Wozniacki, Venus Tembus Final

Sementara secara status, Fernando bisa membela Portugal. Dia memiliki paspor Portugal sejak Desember tahun lalu. Fernando juga belum pernah membela timnas senior Brasil di ajang resmi. Dia hanya turun bersama Brasil U-20 pada 2007.

Secara terpisah, Fernando mengungkapkan, dirinya masih bermimpi untuk membela Selecao, julukan timnas Brasil. Namun, karena ketatnya persaingan menembus lini tengah di tim asuhan Luis Felipe Scolari itu, dia pun realistis. ”Mungkin untuk menuju Piala Dunia saya harus tampil dengan negara lain,” ungkapnya seperti dilansir The Game.

Seperti diketahui, Selecao memiliki banyak opsi di posisi gelandang bertahan. Dua posisi dalam skema 4-2-3-1 yang biasa diusung Scolari itu, setidaknya diperebutkan sampai tujuh pemain.

Mereka adalah Paulinho dan Sandro (keduanya Tottenham Hotspur), Luiz Gustavo (VfL Wolfsburg), Ramires (Chelsea), Fernandinho (Manchester City), dan Lucas Leiva (Liverpool). Juga ada “Fernando” lain, Fernando Lucas Martins yang masih muda (21 tahun) dan kini membela Shakhtar Donetsk. (aga/c2/dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lewis Hamilton Kuasai Hari Ketiga di Bahrain


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler