PPP Sebaiknya Netral Saja di Pilkada DKI Jakarta

Sabtu, 08 Oktober 2016 – 12:12 WIB
Pengamat politik dari EmrusCorner, Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Suara massa pendukung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada pilkada DKI Jakarta dipastikan terbelah menyusul perbedaan dukungan dua kubu partai berlambang Kakbah itu kepada pasangan calon yang bersaing.

Direktur EmrusCorner Emrus Sihombing mengatakan, perbedaan dukungan itu justru merugikan PPP sendiri. Menurut dia, jika dua pasan calon yang diusung PPP kalah, maka hal itu tidak menjadi persoalan.

BACA JUGA: Ahok-Djarot Pandang Sebelah Mata Dua Lembaga Survei Ini

Masalah akan terjadi ketika salah satu pasang calon yang diusung menang.  "Itu akan berdampak kepada penilaian masyarakat terhadap PPP," kata Emrus kepada JPNN, Sabtu (8/10).

Seperi diketahui, PPP kubu Djan Faridz mendukung Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saeful Hidayat. Sedangkan kubu M Romahurmuziy sudah mendukung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni di pilkada DKI Jakarta.

BACA JUGA: Papa Novanto Langsung Sentil Fadel

Emrus menjelaskan, jika Ahok menang, maka  massa kubu Romy -sapaan Romahurmuziy- akan memberikan penilaian tidak baik kepada PPP Djan Faridz. Hal itu juga berlaku sebaliknya.

Karenanya Emrus menegaskan kondisi seperti ini sangat tidak produktif untuk PPP. "Saran saya lebih baik PPP tidak mendukung salah satu pasangan calon," kata Emrus.

BACA JUGA: Ahok Berpotensi Ditumbangkan, Survei LSI Sempat Jadi Pembicaraan

Bahkan, ia menyatakan, alangkah lebih baik jika PPP hanya mendukung salah satu pasangan. Namun, ini tentunya akan sulit terjadi mengingat dua faksi di PPP itu masih berseberangan.

Karenanya Emrus menyarankan dua kubu PPP yang maish bertikai untuk menarik dukungan. "Itu lebih produktif bagi PPP itu sendiri," ujar Emrus.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebaiknya PPP bersikap netral dalam pilkada DKI kali ini agar sehingga konstituen mereka  bisa menyatu pada pemilu-pemilu berikutnya. "Menurut saya lebih  produktif mereka menarik dukungan," tegasnya.(boy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Golkar Masih Dukung Ahok? Ini Kata Papa Novanto


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler