Presiden SBY Lakukan E-Payment Mandiri Perdana di Tol Bali

Senin, 23 September 2013 – 16:37 WIB

jpnn.com - DENPASAR – Bank Mandiri dan Jasa Marga Bali Tol hari ini mulai mengoperasikan elektronik payment dengan menggunakan Mandiri e-money di ruas tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan untuk pengguna tol.

 

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi menuturkan pengoperasian ini dilakukan secara simbolis oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat melakukan lintas perdana di ruas tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa di Bali siang tadi.

BACA JUGA: SBY Minta Peresmian Bandara Ngurah Rai Ditunda

"Pengoperasian e-payment dengan mandiri e-money ini merupakan upaya untuk meningkatkan efisiensi pembayaran tol serta memperluas penggunaan kartu Mandiri e-money. Kami berharap langkah ini dapat mendukung kelancaran transaksi pembayaran jalan tol, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat pengguna tol di Bali," ujar Riswinandi dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/9).

BACA JUGA: PNS Makin Sulit Cerai

Lebih lanjut Riswinandi menuturkan ada 20 gardu yang dipasang di tol Bali, diantaranya terdapat 6 GTO (Gardu Tol Otomatis) yang nantinya dapat digunakan oleh masyarakat pengguna mobil dan motor.
 
Di samping itu, Bank Mandiri telah menyiapkan 28 kantor cabang yang bekerjasama dengan berbagai jaringan ritel seperti Indomart, Alfamart, Circle K dan Mini Mart di Bali untuk penjualan dan top up kartu mandiri e-money. "Top up juga dapat dilakukan di 291 ATM Mandiri," terangnya.
 
Pihaknya berharap di tahap awal ada sekitar 15 persen dari proyeksi rata-rata 39.000 pelintas tol Nusa Dua – Ngurah Rai – Benoa yang akan memanfaatkan layanan e-Payment dengan mandiri e-money ini.
 
"Keberadaan e-Payment Mandiri e-money ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk mendukung ketersediaan prasarana infrastruktur yang modern dan dapat menopang perekonomian Bali,” papar Riswinandi.

Pembanguan ruas tol sepanjang 12,7 km ini dilakukan oleh PT Jasamarga Bali Tol dengan pembiayaan yang bersumber dari kredit sindikasi senilai Rp 1,739 triliun. Dalam sindikasi ini, Bank Mandiri ditunjuk sebagai agen fasilitas dengan kontribusi sebesar Rp 445 miliar. Sementara kreditur lain yakni BRI, BNI, BTN, BCA dan BPD Bali.

BACA JUGA: Heran, PLTU Labuhan Angin Tergolong Baru tapi Rusak

Sampai saat ini jumlah gardu tol yang telah menerapkan e-payment dengan menggunakan mandiri e-money mencapai 884 gardu di 14 ruas tol seluruh Indonesia. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Minta Pemprov NTB Segera Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler