Presiden Xi Jinping Kunjungi Indonesia

Rabu, 02 Oktober 2013 – 14:36 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping didampingi oleh Ibu Negara Peng Liyuan beserta sejumlah delegasi melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada tanggal 2-3 Oktober 2013.

Dalam kunjungan ini, Presiden Xi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka pada Rabu (2/10).

BACA JUGA: Dianggap tak Cermat, KPU Diminta Evaluasi Mou

Presiden Yudhoyono dan Presiden Xi akan membahas isu-isu yang menjadi prioritas bersama sesuai dengan kerangka Kemitraan Strategis. Di antaranya kerja sama ekonomi dan pembangunan, pertahanan dan keamanan, maritim dan perikanan, serta hubungan antar-masyarakat.

“Selain itu, kedua pemimpin akan bertukar pandangan mengenai isu-isu regional dan global yang menjadi kepentingan bersama, termasuk kerjasama di forum East Asia Summit, APEC, dan PBB,” ujar Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah melalui keterangan pers pada wartawan.

BACA JUGA: Ruhut Sitompul Tebar Ancaman

Presiden Yudhoyono dengan Presiden Xi juga dijadwalkan akan menyaksikan penandatanganan beberapa kesepakatan termasuk perjanjian kerjasama pembangunan kawasan industri terpadu dan MoU kerjasama perikanan.

Selain bertemu dengan Presiden Yudhoyono, Presiden Xi dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Ketua MPR Sidarto Danusubroto dan Ketua DPR RI Marzuki Alie, serta membuka pameran fotografi bertemakan hubungan bilateral RI-RRT. Kedua kepala negara ini juga menghadiri Business Luncheon dengan para pelaku bisnis dari kedua negara.

BACA JUGA: Serang Misbakhun di Twitter, @benhan Mengaku Punya Bahan

“Kunjungan Presiden Xi Jinping akan dimanfaatkan oleh kedua negara untuk memperkuat kerjasama bilateral yang sejatinya telah berkembang dengan pesat sejak ditandatanganinya Kemitraan Strategis pada tahun 2005,” tandas Faizayah. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Presiden Imbau Masyarakat Kenakan Batik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler