PT KAI Hiasi Kereta dengan Motif Batik

Minggu, 13 Februari 2011 – 01:41 WIB

BANDUNG – Ada banyak cara untuk mengapresiasi batikPT Kereta Api Indonesia (PT KAI) pun tak mau ketinggalan untuk ikut mempromosikan batik

BACA JUGA: Garuda Bahagia, Penjamin Merana



Perusahaan milik negara yang menjadi operator sepur ini menghiasi gerbong kereta api Parahyangan dengan motif batik
Kepala Humas PT KAI Daops II Bambang S Prayitno mengatakan, pemasangan stiker batik di gerbong kereta merupakan salah satu bentuk apresiasi pihaknya terhadap kesenian batik

BACA JUGA: IHSG Balik Arah di Injury Time

Apalagi saat ini batik sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan asli Indonesia.

Selain itu, dia berharap kereta yang dihiasi batik itu dapat menjaring lebih banyak penumpang
Rencananya, kata dia, kereta tersebut akan didaftarkan ke Museum Rekor Indonesia (Muri)

BACA JUGA: Unilever Tender Offer Saham Sara Lee

“Meski yang dihiasi hanya satu, namun kita akan daftarkan ke MuriIni merupakan kereta kreasi batik pertama di Indonesia,” kata Bambang seperti dikutip Bandung Ekspres (grup JPNN), Sabtu (12/2).

Dijelaskannya, penyerahan penghargaan dari Muri akan dilaksanakan Selasa (15/2) nantiBambang menambahkan, pengerjaan pemasangan stiker motif batik tersebut dilakukan oleh para mahasiswa dan alumni ITB yang menjadi konseptor desain batik tersebut

Menurut salah satu konseptor, Yosef Adiguna, desain pembuatan motif tersebut dikerjakan selama sebulan"Proses pengumpulan ide berawal pada Desember kemarin, dan desain jadi di bulan Januari," terang Yosef.

Yosef menerangkan, tema yang diangkat dalam desain kali ini adalah warisan budaya IndonesiaDalam desainnya terdapat delapan motif batik"Di antaranya ada wayang, burung, batik, dan taman bunga," tambahnya.

Semua motif tersebut, kata dia, menggambarkan wajah PT KAI dan Kota Bandung yang terkenal sebagai Kota KembangDia menjelaskan, tema wayang dipilih tokoh Bima karena menggambarkan sosok yang gagah berani dan teguh pendirianDia berharap PT KAI bisa mencontoh tokoh tersebut.

Di hari yang sama, PT KAI menggelar Festival Kuliner yang digelar hingga 15 Februari mendatangFestival tersebut digelar di pelataran parkir Stasiun BandungAcara dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur Utama PT KAI Darmawan Daud"Selain ada peresmian kereta batik, di parkiran juga ada festival kuliner," jelas salah seorang panitia, KuncoroDijelaskan dia, acara tersebut digelar untuk mengembangkan kreativitas masyarakat dalam bidang kuliner.

“Kuliner merupakan salah satu kekayaan budaya yang bisa dibanggakanMakanya perlu adanya kegiatan yang bisa mengembangkan inovasi kreatif dari para pelaku industri kuliner di Jabar,” tambahnya.

Dalam festival kuliner tersebut, terdapat 35 stan yang menjual makanan dari berbagai daerahMulai makanan khas Jabar hingga dan Jakarta.(mge)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengembang Geothermal Tidak Perlu Tunggu Perpres


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler