Reformasi Birokrasi di Bidang Hukum Bakal Digenjot

Senin, 21 November 2011 – 00:44 WIB

JAKARTA - Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN&RB), Eko Prasodjo menyatakan bahwa reformasi birokrasi (RB) di bidang hukum akan dipercepatMenurutnya, masyarakat akan dengan mudah memberikan laporan atas ketidaknyamanan yang dialaminya menyusul segera dibentuknya Pusat Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Penguatan Hukum Administrasi Negara.

Salah satu hal yang disorot Eko adalah sistem promosi

BACA JUGA: Pusat Harus Intervensi Pembangunan Jalan di Daerah

Menurutnya, bila ada pejabat yang meraih jabatan karena unsur kedekatan padahal tidak memiliki kompetensi dan kualifikasi tersebut, bisa dilaporkan ke pusat pengaduan


"Di dalam reformasi birokrasi, sistem promosi jabatan diselenggarakan terbuka (open-based promotion system)

BACA JUGA: Reformasi Birokrasi di Daerah Akan Dipercepat

Jadi tidak ada itu atas dasar unsur kedekatan
Karenanya dalam pengembangan dan penegakan etika pejabat, kita lakukan melalui pedoman etika, pakta integritas, dan penanganan konflik kepentingan," ujar Eko di Jakarta, Minggu (20/11).

Sementara untuk penanganan keluhan masyarakat, lanjutnya, akan dilakukan berdasarkan standar nasional dan berbasis maklumat pelayanan

BACA JUGA: Pajak dan Retribusi Kendaraan Bermotor Harus untuk Jalan

Nantinya, laporan masyarakat (terkait layanan publik) akan dibawa ke penyidik PNS"Nantinya akan ada salah satu kementerian/lembaga yang akan jadi pilot project pelayanan publik," cetusnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Kementerian PAN&RB sebagai pilot project dalam reformasi birokrasi nasional telah melakukan promosi jabatan secara terbuka di lingkungan Kementerian PAN&RB, BKN, LAN, BPKP, dan ANRISelain itu, dilakukan pula pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut penetapan kinerja pembangunan sistem penilaian kinerja individu serta unit kerja.

"Untuk pengembangan SDM kita lakukan melalui executive educationBerupa konsolidasi fungsi Kementerian PAN&RB, LAN, dan BKN dalam pelaksanaan reformasi birokrasi," tandas Eko(Esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Visa Turis Disalahgunakan Calo TKI


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler