Rekor Kandang yang Ternoda

Kamis, 27 Mei 2010 – 13:42 WIB

PERSIB Bandung terpaksa menelan pil pahit! Menjamu Persiba Balikpapan dalam lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010 di Stadion Siliwangi, Bandung, sore kemarin, Eka Ramdhani cs takluk 1-2Kekalahan ini merupakan yang kali pertama dari seluruh laga kandang yang telah dilakoni Maung Bandung musim ini.

Kekecewaan Persib bukan hanya akibat rekor kandang yang ternoda

BACA JUGA: Gol Melesak, Staf Berpelukan dan Tangis-tangisan

Maung Bandung pun kian sulit mengulang prestasi musim lalu yakni menempati 3 besar pada akhir kompetisi
Kini, Persib harus terlempar ke posisi 5 klasemen sementara dan hanya menyisakan 1 laga terakhir yakni melawan PSM Makassar (30/5) mendatang

BACA JUGA: Pahlawan Final NBA ke Indonesia

Keuntungan justru berpihak bagi Persiba yang kini menggeser posisi Maung Bandung di peringkat ke 3.

"Kita sudah berjuang keras tetapi memang pemain belakang kurang solid sehingga kecolongan oleh dua gol lawan
Kita pun tidak bags ketika mengantisipasi pergerakan lawan

BACA JUGA: Persik Harus Terdegradasi

Intinya kita kecewa karena kita bermain jelek,"ujar Caretaker Persib, Robby Darwis, kepada wartawan dalam jumpa pers sesaat usai laga berakhir.

Robby mengakui, timnya tidak mampu bermain lepasCiri khas permainan dari kaki ke kaki yang selama ini diusung Persib, tidak nampak dalam laga sore kemarinIa memandang para pemain tim Beruang Madu sukses mematikan dua kreator serangan yakni Eka Ramdani dan Atep

"Permainan kita kacau karena kehilangan ciri khassetelah Atep dan Eka dijaga dengan sangat ketatKita semakin kehilangan pola, saat Persiba mampu mencetak golSekali lagi saya kecewa dengan hasil ini, tetapi tetap mengucapkan selamat bagi Persiba yang memang tampil bagus,"lanjut Robby.

Sementara Asisten Pelatih Persiba Otniel Uda mengaku sangat bangga, karena para penggawa mampu berjuang keras mengalahkan tim sehebat PersibIa memang menganggap Maung Bandung sebagai tim terbaik di LSI musim ini, jika berkaca pada materi pemain yang dihuni para bintangOtniel mengaku  jauh-jauh hari sudah mempersiapkan strategi khusus, untuk meredam permainan Persib.

"Bukan strategi khusus, tetapi kita terus membaca pola permainan Persib dan hasilnya bisa terlihat dalam pertandingan iniIni hari yang luar biasa buat kami, karena mampu mengalahkan tim terbaik LSI di kandang mereka sendiri,"terangnya.

Lebih lanjut, Otniel berterima kasih kepada seluruh penggawa yang mampu tampil lepas sehingga mengeluarkan segala kemampuan terbaik"Sebelum pertandingan saya menekankan kepada pemain agar bisa mengalahkan diri mereka sendiriArtinya mereka jangan merasa terbebani dan berusaha tampil tanpa bebanDan nyatanya, memang kita tampil dengan kemampuan yang paling bagus,"tandasnya.

Pertand ingan berjalan dalam tempo lamban di awal permainanKedua tim seringkali salah melakukan kontrol bola.  Persib yang dalam laga ini tidak mendapatkan dukungan bobotoh justru tampil kurang gregetHal itu, dimanfaatkan skuad Beruang Madu untuk mengambil alih kendali permainan.

Julio Lopez membuka peluang baeedgi tim tamu di menit ke delapanEksekusi tendangan bebas pemain yang juga pernah berkostun Persib ini, masih mampu diantiipasi kiper Markus Haris Maulana.

Persiba hampir saja unggul saat laga memasuki menit 14Lopez melakukan manuver di dekat area penalti untuk kemudian melesakkan tendangan keras yang masih di blok MarkusBola liar tepat berada dalam penguasaan Sultan Sama,  namun plessing yang ia lesakan menyamping tipis di sisi kanan tiang gawang.

3 menit berselang, Markus harus memungut bola dari gawang sendiriSultan mampu meloloskan diri dari perangkap offside kala menyambut umpan terobosan Edy GunawanIa mampu melewati Markus, sebelum mengarahkan bola tepat ke gawangTertinggal 1 gol, Persib mencoba keluar dari tekanan.

Eka Ramdani hampir saja mencetak gol balasan, jika saja sepakannya tidak membentur mistar gawangPersib kembali membuang peluang emas menit ke 24Airlangga yang mendapat ruang tembak ideal di kotak penalti, gagal mnjaga akurasi tembakannyaBola masih melambung jauh di atas mistar.

Persiba hampir menambah keunggulan di menit 29Beruntung, tendangan keras Robertino Pugliara di area kotak penalti belum menemui sasaran tepatKeunggulan 1-0 bagi tim tamu bertahan hingga turum minum.

Memasuki paruh kedua Persib mulai mampu melancarkan serangan efektifAlhasil, menit 49 sepak pojok Atep salah diantisipasi pemain Persiba Edy Gunawan yang menanduk bola ke gawang sendiriSkor 1-1, membuat laga berjalan panas.Kubu tuan rumah kembali tertinggal menit  63Tendangan bebas Lopez mampu ditanduk dengan sempurna oleh Hendro SiswantoBola mengalir deras ke pojok kiri gawang sehingga sulit diantisipasi Markus.

Persib kesulitan membongkar lini pertahanan Persiba.  Peluang di menit 78 pun gagal menjadikan skor kembali imbangSontekan Atep di area penalti, masih mampu diblok kiper I Made WirawanTanpa pola permainan yang jelas, Maung Bandung terus membombardir area pertahanan tim tamuNamun hingga peluit panjang diriup wasit Jimmy Napitupulu, Persib gagal terhindar dari kekalahan.(bsf)

Persib Bandung 1 vs Persiba Balikpapan 2

Waktu :26 Mei 2010
Tempat : Stadion Siliwangi, Bandung
Penonton :-
Wasit : Jimmy Napitupulu
Gol :Persib (Atep"49) ; Persiba (Sultan Samma "17, Hendro Siswanto"63)
Kartu Kuning : Persib () ; Persiba (M Sobran"31, Kim Young Hee"46, Anam Syahrul"67)
Kartu Merah : -

Susunan Pemain

Persib (3-5-2), Robby Darwis
Markus Haris Maulana (PG) ; Maman Abdurrahman, Nova Arianto (B) ; Cucu Hidayat/Wildansyah"28, Eka Ramdani, Gilang Angga, Atep (T) ; Airlangga/Budi Sudarsono"59, Christian Gonzales (D)

Persiba (4-4-2), Haryadi
I Made Wirawan (PG) ; Mijo Dadic, Anam Syahrul/A"ang Suparman"67, Muhammadan, M Sobran (B) ; Kim Young Hee, Robertino Pugliara, Edy Gunawan, Hendro Siswanto (T) ; Jullio Lopez/Johan Yoga (90+, Sultan Samma/Ferry Ariawan (D)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Arema Pesta di Ruang Ganti


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler