Rekor Stoner di Uji Coba Terakhir 800 cc

Rabu, 06 Juli 2011 – 06:16 WIB
MUGELLO - Sirkuit Mugello masih bisa memberikan senyum pada Casey StonerUsai kekalahan pada balapan MotoGP Italia akhir pekan lalu, Stoner mampu menciptakan hasil positif saat uji coba Senin (4/7) waktu setempat

BACA JUGA: Coentrao Resmi Milik Real Madrid

Beberapa tambahan komponen baru memberikan catatan waktu tercepat pada sesi uji coba tersebut.

Pimpinan klasemen sementara MotoGP itu mencatat waktu terbaik pada dua sesi uji coba
Sempat mengalami kecelakaan dalam sesi pertama pagi hari, pembalap Repsol Honda itu bisa melanjutkan tes tersebut, dan membukukan waktu tercepat 1 menit 47,326 detik.

Catatan waktu tersebut menjadi rekor baru bagi sirkuit Mugello

BACA JUGA: Jangan Rekrut Pemain Materialistis

Stoner memecahkan rekor atas namanya sendiri
Rekor sebelumnya diciptakan Stoner saat meraih pole position untuk balapan akhir pekan lalu yang terpaut sekitar 0,7 detik.

Dalam uji coba kali ini, Stoner berkesempatan menguji suspensi belakang yang baru

BACA JUGA: Tunggu Regulasi Merger LPI-ISL

Pembalap Australia itu bisa membuat waktu terbaik pada 15 menit terakhir, untuk mengalahkan pembalap Gresini Honda, Marco Simoncelli, yang hanya terpaut 0,096 detik.

"Kami punya beberapa hal yang diuji cobaSelain suspensi baru juga ban depan baru dari Bridgestone yang sangat berbeda dari yang biasanya kami pakaiSwing arm  baru juga menunjukkan efek positif, kami punya akselerasi dan grip lebih baik," ujar Stoner.

Uji coba tersebut menjadi penanda bagi berakhirnya uji coba memakai mesin 800 ccSebab, di uji coba berikutnya yang dijadwalkan dilakukan usai MotoGP Ceko di Brno medio Agustus, tim memastikan akan memakai mesin 1.000 ccMereka butuh evaluasi besar sebelum memasuki musim baru 2012 yang memakai mesin 1.000 cc.

Rentetan hasil positif dari uji coba tersebut memberikan manfaat besar bagi Stoner dan timnyaDia tak perlu melakukan banyak perubahan setting motor, terutama sebelum mempersiapkan diri menuju balapan selanjutnya yang berlangsung di Sachsenring, Jerman, 17 Juli.

Secara umum, Stoner mengakui tak melakukan uji coba besar pada motor RC212V yang ditungganginyaMotor yang dipakainya sangat mirip dengan setting balapan"Kami juga mencoba sedikit hal pada suspensi belakang, yang sudah menjadi sedikit langkah maju," ujarnya.

Rekan setim Stoner, Andrea Dovizioso, sempat menjadi yang tercepat pada uji coba pagiTapi, pembalap Italia tersebut tak mampu mempertahankan keunggulannya sehingga bisa dikalahkan Stoner dan SimoncelliDovizioso, yang mengalahkan Stoner pada GP Italia akhir pekan kemarin untuk naik podium nomor dua, harus puas di urutan ketiga.

"Saya sangat termotivasi usai hasil kemarin (balapan MotoGP Italia)Begitu memasuki lintasan, saya mencatatkan waktu dengan konsisten di kecepatan yang kompetitif pada kisaran 1 menit 48 detik dengan ban keras (hard)," beber Dovizioso.

Sama seperti Stoner, Dovizioso juga mencoba suspensi belakang dan swing arm baruHasilnya, dia merasa nyaman untuk membukukan waktu yang stabil"Saya yakin kami datang ke Sachsenring dengan dengan dasar yang bagusKarakteristik antara Sachsenring dan Mugello sangat berbeda, tapi kami mendapatkan tune  yang bagus," lanjutnya(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PSM Pastikan Lepas Dua Asing


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler