Relawan Indonesia Berusaha Tembus Somalia

Tiap Enam Menit, Satu Bayi Somalia Mati

Sabtu, 13 Agustus 2011 – 16:40 WIB
JAKARTA - Sebuah tim kemanusiaan akan berangkat ke Somalia untuk membawa bantuan panganData terbaru, akibat bencana kelaparan dahsyat sekitar 29 ribu balita sudah meregang nyawa.

Jutaan lagi terancam jiwanya jika tak mendapat pertolongan segera

BACA JUGA: Darah Sipil Terus Tumpah di Syria

"Kami fokus pada bantuan pangan, kita akan berangkatkan tim pekan depan," ujar Direktur LSM Aksi Cepat Tanggap Ahyudin kemarin
ACT adalah inisiator  Komite Indonesia Untuk Solidaritas Somalia atau KISS.

Menurut Ahyudin, KISS digagas untuk mengambil langkah-langkah cepat dan tepat guna membantu rakyat Somalia yang terancam jiwanya akibat bencana kekurangan pangan

BACA JUGA: Hawa Panas di Jepang, 4 Tewas

KISS akan melibatkan sejumlah tokoh dan lembaga lain
"Kita juga terbuka untuk diliput media jika hendak ikut dalam misi ke Somalia," katanya.

Ahyudin menambahkan, bencana kelaparan di Somalia benar-benar tidak boleh diabaikan

BACA JUGA: Pembeberan Operasi Osama ke Hollywood Diprotes

Data Unicef per Juni 2011 menyebutkan, setiap enam menit seorang balita meninggal akibat kelaparan di negeri termiskin di benua Afrika ituUnicef memperkirakan diperlukan dana sebesar 62,8 juta Euro selama enam bulan ke depan untuk mengatasi bencana kelaparan ini.

"Kami abaikan dulu stigma Somalia sebagai negeri bajak lautFaktanya, jutaan rakyatnya saat ini terancam mati kelaparanIni adalah tragedi kemanusiaan yang tak boleh diabaikan oleh bangsa Indonesia yang beradab," tegas Ahyudin.

Secara terpisah, pemimpin atau tim leader ACT ke Somalia Imam Akbari menjelaskan, tim sedang berusaha mengurus semua keperluan untuk berangkat"Kita akan berangkat pekan depan, estimasinya sampai lebaran di Somalia," katanya.

Relawan yang juga pernah masuk Gaza Palestina itu menyebut, untuk biaya tiket per relawan diperkirakan Rp 20 juta per orang"Kami sedang mempersiapkan timDoakan saja semua lancar," katanya(rdl)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penjarahan Berlanjut, Putri Miliarder Ikutan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler