RI-China Dirikan Pusat Bahasa Mandarin

Sabtu, 20 November 2010 – 13:41 WIB

JAKARTA - Sebagai bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) dengan Kementerian Pendidikan China, kedua negara sepakat untuk mendirikan pusat studi bahasa mandarin di beberapa universitas di Indonesia.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, hal tersebut bertujuan agar mahasiswa Indonesia dapatbelajar bahasa mandarin, mengingat bahasa mandarin sudah menjadi bahasa kedua internasional.

"Pusat bahasa itu bernama ConfuciusDiharapkan nantinya mahasiswa Indonesia mampu mendampingi tamu negara asal China yang berkunjung ke Indonesia,” terang Mendiknas di Jakarta, Sabtu (20/11).

Dikatakan, pendirian pusat studi bahasa mandarin ini sengaja didirikan di beberapa universitas karena untuk mempermudah mahasiswa Indonesia dalam memperoleh pelajaran bahasa mandarin

BACA JUGA: Jumlah Mahasiswa RI di LN Merosot

"Pusat studi bahasa ini diebsar di beberapa univeritas, agar dapat menjangkau seluruh mahasiswa Indonesia yang ingin belajar bahasa mandarin,” ujarnya.

Lebih lanjut Mendiknas menambahkan, Selain itu, bentuk kerjasama antara Indonesia dan China adalah beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di China
Mendiknas menjelaskan, program beasiswa dari pemerintah China ini dituangkan dalam Deklarasi Guiyang yang disahkan oleh menteri dari 11 negara peserta the 1st China-ASEAN Education Minister Roundtable Conference.

"Dalam 10 tahun mendatang, negara-negara ASEAn mengirimkan 10 ribu mahasiswa ke China per tahun

BACA JUGA: Guru RSBI Berkualitas Rendah Harus Diganti

Sehingga totalnya ada 100 ribu mahasiswa yang akan dikirim ke China,” papar Mendiknas.

Selain itu, Indonesia juga menawarkan beasiswa Darmasiswa kepada dosen-dosen bahasa Indonesia di China untuk mengambil S2 dan S3 di Indonesia
“Beasiswa ini diberikan sebagai upaya untuk mendorong pengenalan dan promosi Indonesia seutuhnya,” lanjut Mendiknas

BACA JUGA: Kerjasama Pendidikan RI-AS Makin Kuat

(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemda Diminta Konsultasi dengan Kemdiknas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler