Ribuan Buruh Jakarta Akan Tuntut Janji Ahok

Senin, 02 September 2013 – 14:42 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bersama Forum Buruh DKI Jakarta akan melakukan aksi serempak menuntut kenaikan upah minimum tahun 2014 sebesar Rp 3,7 juta.

Ketua KSPI DKI Jakarta Winarso menuturkan aksi ini akan diadakan di 2 titik di Jakarta, yakni di kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur dan Kantor Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota.

BACA JUGA: Pembubaran Lokasari, Jokowi Diminta Bentuk Tim Investigasi

"Massa forum buruh DKI Jakarta akan bergerak dari kawasan Industri Pulogadung menuju Kantor Gubernur DKI Jakarta menuntut Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) untuk merealisasikan ucapannya menaikan upah minimum Jakarta," ujar Winarso di Jakarta, Senin (2/9).

Sebab dia menilai, kenaikan upah yang hanya didasarkan pada inflasi kurang dari 20 persen akan mengembalikan Indonesia pada rezim upah murah.

BACA JUGA: Pedagang Pasar Gembrong Siap Pindah

Tak sampai di situ, rencananya massa aksi Forum Buruh DKI Jakarta juga akan bergerak mengepung Hotel Mercure, tempat diadakanya pertemuan dewan pengupahan. Sebab, Forum Buruh DKI Jakarta menganggap pertemuan itu ilegal, karena tidak mengundang seluruh anggota pengupahan se Indonesia.

"Pertemuan tersebut juga tidak dilaksanakan secara terbuka. Pertemuan itu hanya akal-akalan pemerintah untuk melegitimasi kebijakan upah murah saja," cetusnya.

BACA JUGA: Transaksi PBB Capai Rp 2,6 Triliun

Atas dasar itu, besok sebanyak 3 ribu orang yang tergabung dalam forum buruh DKI Jakarta dan KSPI akan mengeruduk kantor Gubernur DKI Jakarta untuk menagih janji.

"Kami besok pagi akan berangkat dari kawasan Industri Pulogadung lanjut menuju Balai Kota," pungkasnya. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sebulan Sebelas Angkot Terbakar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler